Jasa Pembersihan AC di Thailand Kebanjiran Order Gara-gara Pernyataan Depkes Soal Ancaman Pneumonia
Unsplash/CDC
Dunia

Penduduk Thailand ramai-ramai menyewa jasa pembersih AC untuk membersihkan rumah hingga kantor. Hal itu menyikapi pengumuman Departemen Kesehatan soal ancaman Pneumonia.

WowKeren - Warga Thailand kini mulai mengkhawatirkan kebersihan AC (Air Conditioner) mereka. Layanan pembersihan AC profesional pun telah dibanjiri pekerjaan selama minggu ini. Lantas, apa yang menyebabkan fenomena tersebut?

Hal itu terjadi setelah Departemen Kesehatan (Depkes) Thailand mengumumkan bahwa unit AC yang kotor dapat menyebabkan pneumonia. Pasalnya, unit AC yang lembab merupakan tempat berkembang biaknya bakteri, virus, dan jamur menurut departemen tersebut.

Melansir The Thaiger, sebagian besar tempat tinggal dan bisnis pribadi dikabarkan telah meminta pembersihan profesional unit AC mereka minggu ini. Menyusul peringatan Departemen Kesehatan itu kepada publik.

Sepanjang hari, ditemukan rumah-rumah pribadi, termasuk berbagai instansi, telah meminta layanan pembersihan AC untuk membersihkan tempat mereka. Apalagi beberapa rumah juga dilengkapi dengan AC di setiap ruangannya. Teknisi harus membersihkan setiap AC yang terpasang di rumah agar benar-benar mematuhi pengumuman dari Departemen Kesehatan.


Unit AC yang lembap dan kotor menciptakan kondisi perkembangbiakan yang sempurna bagi bakteri yang dikenal sebagai legionella. Menghirup legionella dapat menyebabkan bentuk pneumonia parah yang dikenal sebagai penyakit Legionnaires.

Gejala penyakit Legionnaire dimulai dengan sakit kepala, nyeri otot dan demam tinggi. Pada hari kedua atau ketiga menunjukkan gejala, orang yang terinfeksi dapat mengalami batuk, sesak napas, nyeri dada, gejala gastrointestinal seperti mual, muntah atau diare. Kasus Legionnaire bisa parah dan bahkan berakibat fatal.

Bakteri ini juga dapat menyebabkan bentuk ringan dari Legionnaires yang disebut demam Pontiac – infeksi pernapasan yang mirip dengan influenza akut – yang menyebabkan demam, kedinginan, sakit kepala, dan nyeri otot. Demam Pontiac tidak menginfeksi paru-paru dan menghilang dalam beberapa hari.

Karena itu, Departemen Kesehatan Thailand merekomendasikan agar unit AC Anda dibersihkan secara profesional setidaknya setiap enam bulan sekali. Sebagian besar layanan pembersihan AC di Thailand berharga sekitar 500-฿600 per unit untuk pembersihan menyeluruh baik di dalam maupun di luar.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru