Hepatitis 'Misterius' Juga Serang Anak di Singapura, Kemenkes Lakukan Investigasi
Dunia

Serangan hepatitis akut misterius juga dilaporkan menjangkiti seorang anak berusia 10 bulan di Singapura. Kini Kementerian Kesehatan Singapura pun tengah melakukan investigasi.

WowKeren - Penyakit hepatitis misterius juga menyerang anak-anak di Singapura. Kementerian Kesehatan Singapura (MOH), telah melaporkan bahwa seorang anak laki-laki berusia 10 bulan ditemukan menderita hepatitis akut yang penyebabnya tidak diketahui.

Menurut CNA, MOH mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa bocah itu pergi ke Unit Gawat Darurat Rumah Sakit Wanita dan Anak-anak KK pada 25 April. Dia dirawat untuk penyelidikan lebih lanjut, dan kementerian diberitahu tentang kasus hepatitis akut bocah itu pada 29 April. Anak laki-laki dan kontak rumah tangganya saat ini baik-baik saja.

MOH juga mengungkap bahwa bocah itu terinfeksi COVID-19 pada Desember 2021. Akan tetapi Kementerian mengatakan bahwa "tidak ada bukti" bahwa hepatitis akutnya terkait dengan COVID-19. Selain itu, pengujian laboratorium telah mengesampingkan virus umum yang dapat menyebabkan hepatitis akut anak itu, seperti virus hepatitis tipe A, B, C dan E.

"Investigasi sedang berlangsung untuk menentukan apakah kasus tersebut memiliki presentasi yang mirip dengan kasus hepatitis akut yang penyebabnya tidak diketahui yang dilaporkan secara internasional dan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)," ungkap MOH.


WHO diberitahu tentang 10 kasus serupa di antara anak-anak di bawah usia 10 tahun di Inggris pada 5 April. Tiga hari kemudian, jumlah kasus yang diidentifikasi di Inggris melonjak menjadi 74. WHO mengatakan setidaknya satu anak telah meninggal sejak peningkatan hepatitis akut yang tidak diketahui asalnya pada anak-anak diidentifikasi.

Pada 23 April, setidaknya ada 169 kasus yang dilaporkan di 12 negara. Jumlah ini telah meningkat menjadi lebih dari 200 kasus dugaan dan kemungkinan hepatitis akut dengan penyebab yang tidak diketahui di antara anak-anak di 17 negara, kata MOH dalam pernyataannya pada 30 April.

Investigasi awal menghubungkan hepatitis akut dengan infeksi adenovirus. MOH mengatakan sementara penyebab pasti dari kasus hepatitis akut pada anak-anak di seluruh dunia saat ini tidak diketahui. Sementara penyelidikan awal menunjukkan kasus tersebut mungkin terkait dengan adenovirus.

Adenovirus adalah virus umum yang biasanya menyebabkan penyakit pernapasan atau pencernaan, namun biasanya tidak diketahui menyebabkan hepatitis pada anak-anak yang sehat. Hepatitis disebabkan oleh infeksi virus, penggunaan alkohol, racun, obat-obatan, dan kondisi medis tertentu.

Kementerian mengatakan "memantau situasi dengan cermat", dan menambahkan bahwa pihaknya telah memberi tahu semua praktisi medis untuk waspada terhadap anak-anak kecil yang menunjukkan tanda dan gejala hepatitis yang penyebabnya tidak dapat diidentifikasi.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru