Polisi Sebut Kemacetan Saat Arus Balik Lebaran 2022 Tak Terhindarkan, Tol Cipali Arah Jakarta Padat
Nasional

Arus balik mudik Lebaran 2022 tampaknya sudah mulai terjadi sejak Kamis (5/5) kemarin malam. Polisi pun menyebut bahwa kemacetan arus balik tidak bisa dihindari.

WowKeren - Seperti yang diketahui sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi telah memprediksikan puncak arus balik mudik Lebaran 2022 terjadi pada Jumat (6/5) hari ini hingga Minggu (8/5).

Sementara Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyebut bahwa kemacetan yang disebabkan kenaikan volume kendaraan saat puncak arus balik menuju DKI Jakarta dan sekitarnya tak bisa dihindarkan.

"Yang saat ini kami lakukan adalah mengelola kemacetan, kemacetan akibat kepadatan dan kenaikan volume arus lalu lintas tidak mungkin bisa dihindarkan," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Polisi Sambodo Purnomo Yogo di Jakarta, Kamis (5/5).

Meski demikian, Sambodo memastikan bahwa pihaknya bersama pemangku kepentingan lainnya yang terkait akan mengupayakan agar perjalanan masyarakat kembali ke Ibu Kota tidak terhambat oleh kenaikan volume kendaraan menuju Jakarta.

Dengan begitu, bisa memberikan kepastian kepada masyarakat dan dikelola agar tidak menimbulkan komplain dan membuat frustasi masyarakat serta belajar dari arus mudik one way.


Lebih lanjut, Sambodo mengatakan bahwa pihaknya memperkirakan puncak arus balik mudik Lebaran 2022 terjadi pada H+5 atau Minggu (8/5) nanti. Hal ini lantaran diprediksi arus kendaraan dari berbagai wilayah akan bertemu di Jakarta pada saat yang bersamaan.

"Direktorat Lalu Lintas perlu melakukan langkah-langkah rekayasa lalu lintas dan imbauan kepada masyarakat agar perjalanan arus balik tidak terhambat," papar Sambodo.

Sementara itu, volume kendaraan pada saat arus balik Lebaran 2022 terpantau mulai meningkat sejak Kamis (5/5) malam tadi hingga Jumat (6/5) pagi ini. Kemacetan pun terpantau terjadi di Tol Cipali, tepatnya di jalur kiri lantaran antrean keluar masuk rest area.

Berdasarkan informasi yang didapat dari Google Maps pada Jumat (6/5), terpantau lalu lintas "merah" menjelang rest area KM 130. Sementara setelah rest area tersebut terpantau lalu lintas lancar.

Hal serupa juga terpantau dari CCTV Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, di mana antrean terjadi di jalur kiri KM 138. Kendaraan tampak melaju merayap, bahkan sesekali berhenti.

Adapun kemacetan tersebut hanya terjadi di sisi kiri arah Jakarta, sedangkan di jalur kanan yang digunakan untuk one way, terpantau arus lalu lintas kendaraan lancar. Meski demikian, dalam CCTV tersebut, pada KM 190, arus lalu lintas terlihat sudah lancar.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru