Terapkan One Way, Jalur Jakarta Menuju Puncak Ditutup Hingga Pukul 12.00 WIB
Nasional

Kebijakan one way hingga skema contra flow masih akan diterapkan dalam mengurai kemacetan saat arus balik Lebaran 2022. Kebijakan ini juga diterapkan di jalur Puncak, Bogor.

WowKeren - Dalam mengurai kemacetan saat arus balik mudik Lebaran 2022, Polisi diketahui memberlakukan sejumlah kebijakan. Salah satunya adalah memberlakukan penutupan Jalan Puncak-Godog dari arah Jakarta menuju Puncak sejak pukul 07.15 WIB tadi, hingga pukul 12.00 WIB nanti.

Adapun penutupan jalan tersebut dilakukan oleh kepolisian guna mengurangi potensi kepadatan kendaraan di kawasan Puncak. "Kami memainkan pola one way pukul 07.15 WIB, tapi diperkirakan sampai pukul 12.00 WIB," ujar Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bogor, AKP Dicky Anggi Pranata di perempatan Gadog, Sabtu (7/5).

Dicky mengungkapkan penutupan jalan tersebut dilakukan tepat di perempatan Gadog, sehingga mobil yang mengarah dari pintu keluar tol Jagorawi dan Kota Bogor tidak bisa masuk ke kawasan Puncak. Sementara pada pukul 07.50 WIB, tampak kemacetan sudah terjadi hingga pintu tol.

Sedangkan dari arah Kota Bogor, kata Dicky, kemacetan diperkirakan sudah mencapai Pasar Ciawi. Ia lantas mengatakan nantinya setelah pukul 12.00 WIB, kepolisian akan memberlakukan penutupan jalur dari arah sebaliknya.


Kendati demikian, Dicky berharap agar para wisatawan yang ingin berkunjung ke kawasan Puncak bisa menyesuaikan waktu keberangkatan dengan jadwal one way yang sudah ditetapkan. Akan tetapi hingga saat ini ia belum melihat adanya lonjakan jumlah kendaraan jika dibandingkan dengan hari sebelumnya.

Meski belum terlihat lonjakan kendaraan, Dicky beserta jajarannya diketahui tetap melakukan pemantauan guna memastikan arus lalu lintas di kawasan Puncak terkendali. Sehingga bisa mengantisipasi terjadinya kemacetan.

Di samping itu, Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana meminta Kapolres Bogor, AKBP Imam Imannudin untuk menyampaikan informasi secara berkala terkait dengan kondisi lalu lintas di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor. Hal ini dilakukan dengan harapan masyarakat yang hendak melakukan perjalanan melalui jalur Puncak dan Cianjur bisa memiliki panduan waktu yang tepat serta informasi yang akurat.

Sementara pada Sabtu (7/5) pagi tadi, ruas Tol Jagorawi menuju arah Ciawi dan Puncak sudah mulai diberlakukan satu arah. Pihak Jasa Marga mencatat kepadatan mulai terjadi di jalan arteri dari arah Gadog menuju Puncak.

Berdasarkan keterangan resmi dari Jasa Marga, terjadi kepadatan di jalan arteri Puncak, tepatnya di Simpang Gadog KM 45-KM 46+500. Kemudian Tol Jagorawi setelah Gerbang Tol (GT) Ciawi 1 KM 44+500-KM 46+500 arah Sukabumi juga diberlakukan skema contra flow.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait