Ghafur Dharmaputra Dubes RI untuk Ukraina Meninggal Dunia
Instagram/indonesiainkyiv
Nasional

Duta Besar RI untuk Ukraina, Ghafur Dharmaputra dikabarkan meninggal dunia pada Kamis (12/5) malam kemarin. Ghafur tutup usia di RS Medistra, Jakarta Selatan.

WowKeren - Kabar duka datang dari Kementerian Luar Negeri RI. Salah satu diplomat unggul Indonesia sekaligus Duta Besar (Dubes) RI untuk Ukraina, Ghafur Dharmaputra dikabarkan meninggal dunia.

Kementerian Luar Negeri RI mengumumkan kabar duka terkait kepergian Ghafur Dharmaputra. Juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah, mengatakan Ghafur tutup usia pada Kamis (12/5) pukul 21.50 WIB.

"Innalillahi wa inna ilaihi raji'un, telah berpulang ke Rahmatullah Bapak Dubes Ghafur Akbar Dharmaputra pada Kamis, 12 Mei, pukul 21.50 di Jakarta. Beliau meninggal dunia di RS Medistra," ucap Faizasyah pada Jumat (13/5).

Faizasyah mengatakan Ghafur tutup usia karena penyakit yang diidapnya. Sayangnya Faizasyah tidak memberikan penjelasan lebih detail perihal penyakit Ghafur tersebut.

Kabar duka juga turut disampaikan pihak KBRI Ukraina. Lewat akun Instagram resmi mereka, KBRI Ukraina turut menyampaikan berita duka dan ucapan belasungkawa.


Ghafur disebut sosok pemimpin yang baik, amanah, dan penuh tanggung jawab. Keluarga besar KBRI Ukraina pun turut mendoakan agar semua amal ibadah Ghafur diterima Tuhan serta keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan.

"Innalillahi wa inna ilaihi roojiun. Telah berpulang ke rahmatullah, Bapak Ghafur Akbar Dharmaputra, Duta Besar LBBP RI untuk Ukraina, Georgia dan Armenia pada Kamis Malam, 12 Mei 2022 Di RS Medistra Gatot Subroto, Jakarta Selatan," bunyi keterangan KBRI Ukraina seperti dilihat di Instagramnya @indonesiainkyiv, Jumat (13/5).

Jenazah Ghafur dikabarkan akan disemayamkan di kawasan Fatmawati, Jakarta Selatan. Jenazah Ghafur akan disalatkan seusai salat Jumat.

"Jenazah disemayamkan di Rumah Emir Firdaus, Perumahan Admiralty Kaveling B16, Jl Fatmawati Raya No 1, Pondok Labu, Jakarta Selatan. Jenazah akan disalatkan setelah salat Jumat," katanya.

Diketahui bahwa sebelum menjabat sebagai Dubes, Ghafur merupakan Staf Ahli Bidang Pembangunan Berkelanjutan Kementerian Koordinator Bidan Perekonomian (Kemenko Perekonomian). Ia juga sempat menjadi Konsul Jenderal RI di New York, Amerika Serikat.

Ghafur lahir pada 16 Februari 1964 di Bandung. Ia dilantik sebagai Dubes RI oleh Presiden Joko Widodo pada November 2021.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait