AS Temukan Terowongan Penyelundup Narkoba, Diperkuat Listrik Hingga Sistem Kereta Api
Dunia

Pihak berwenang Amerika lagi-lagi menemukan terowongan yang digunakan untuk aktivitas penyelundupan narkoba. Terowongan dengan sejumlah fasilitas itu ditemukan di perbatasan AS-Meksiko.

WowKeren - Pihak berwenang AS telah menemukan terowongan penyelundupan bawah tanah di perbatasan California-Meksiko yang tak biasa. Terowongan itu membentang sepanjang lapangan sepak bola dan berisi dinding yang diperkuat, listrik, ventilasi, dan sistem kereta api.

Penyelidik menemukan terowongan yang mengarah ke gudang di kawasan industri di tanah AS itu pekan lalu. Terowongan ini terletak sekitar setengah mil (0,8 km) dari perbatasan Otay Mesa antara Tijuana dan San Diego , di daerah di mana lebih dari selusin lainnya telah ditemukan dalam dua dekade terakhir.

Setelah mengintai sebuah rumah yang baru-baru ini digunakan sebagai rumah simpanan narkoba, para agen mulai menghentikan lalu lintas kendaraan di dekat gudang, membuka kotak-kotak penuh kokain, menurut pengaduan pidana federal yang diajukan di pengadilan distrik AS di San Diego.

Mereka menggerebek properti dan tidak menemukan obat lain di gudang. Tapi kemudian malah menemukan lubang terowongan diukir di lantai semen, kata jaksa federal. Terowongan itu membentang sepertiga mil ke Tijuana. Diameternya 4 kaki (1,2 meter) dan sekitar enam lantai.



Agen menyita 1.762lb (799kg) kokain, 165lb (75kg) shabu dan 3,5lb (1.6kg) heroin dari kendaraan dan kediaman, dan mereka menangkap enam orang atas tuduhan konspirasi obat federal.

Terowongan lintas batas dibangun di salah satu bentangan perbatasan yang paling dibentengi, menggambarkan keterbatasan tembok perbatasan Donald Trump. Meskipun dianggap efektif terhadap terowongan kecil yang dibangun secara kasar yang disebut "lubang gopher", dinding tidak cocok untuk lorong yang lebih canggih yang berjalan lebih dalam di bawah tanah.

Pihak berwenang AS diketahui telah menemukan sekitar 15 terowongan canggih di perbatasan California dengan Meksiko sejak 2006. Banyak terowongan, termasuk yang diumumkan Senin, berada di kawasan industri Otay Mesa San Diego, di mana tanah seperti tanah liat kondusif untuk penggalian dan gudang menyediakan perlindungan.

Jalur lintas batas ini dimulai pada awal 1990-an dan telah digunakan terutama untuk menyelundupkan ganja dalam jumlah banyak. Administrasi Penegakan Narkoba AS mengatakan pada tahun 2020 bahwa mereka umumnya ditemukan di California dan Arizona dan terkait dengan kartel Sinaloa Meksiko. Menurut undang-undang federal, otoritas AS harus mengisi sisi terowongan AS dengan beton setelah ditemukan.

(wk/amel)


You can share this post!


Related Posts