Apa Itu Ekonomi Hijau?
Pxhere
SerbaSerbi

Ekonomi hijau menjadi salah satu rencana penting yang digencarkan pemerintah dalam transformasi ekonomi jangka panjang. Lantas, apa itu ekonomi hijau dan bagaimana contohnya?

WowKeren - Perlu diketahui bahwa wacana ekonomi hijau berawal dari keprihatinan yang muncul karena sistem ekonomi yang semakin merusak lingkungan. Ekonomi hijau juga dapat didefinisikan sebagai ekonomi yang rendah karbon, hemat sumber daya dan inklusif secara sosial.

Dalam ekonomi hijau, pertumbuhan lapangan kerja dan pendapatan dapat dicapai melalui investasi publik maupun swasta. Caranya adalah dengan menggunakan infrastruktur dan aset yang memungkinkan pengurangan emisi karbon dan polusi, meningkatkan efisiensi energi dan sumber daya hingga mencegah hilangnya keanekaragaman hayati dalam suatu ekosistem.

Perbedaan ekonomi hijau dengan gagasan ekonomi lainnya terletak pada penilaian langsung kepada modal alami dan jasa ekologis, sebagai nilai ekonomi dan akuntansi biaya. Biaya tersebut akan kembali ditelusuri dan dihitung sebagai kewajiban yang tidak membahayakan atau mengabaikan aset.

Namun ekonomi hijau kerap dianggap sebagai angan-angan belaka sebab peraturan ekonomi dunia masih cenderung bersifat eksploitatif. Ketimpangan antar pelaku ekonomi juga menjadi faktor lain mengapa gagasan ini sulit dilakukan tanpa adanya persiapan yang matang.

Pada akhirnya, konsep ekonomi hijau diharapkan dapat selaras dengan tujuan pembangunan berkelanjutan. Dan karena prinsip utama dari pembangunan berkelanjutan adalah "Memenuhi kebutuhan sekarang tanpa harus mengorbankan pemenuhan kebutuhan generasi di masa depan", konsep ekonomi hijau dapat dianggap sebagai motor utama dalam program ini.

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait