Hutan Purba Kuno Ditemukan Tersembunyi di Balik Sinkhole Raksasa di Tiongkok, Bikin Takjub!
pixabay.com/Ilustrasi/egorshitikov
Dunia

Lubang itu pertama kali ditemukan oleh penjelajah gua di wilayah Guangxi di Tiongkok selatan yang tidak pernah menyangka bahwa itu 'menyembunyikan' hutan primitif di dalamnya.

WowKeren - Sebuah hutan purba telah ditemukan di sebuah lubang pembuangan atau sinkhole di Tiongkok. Pohon-pohon yang ada di sana tercatat memiliki tinggi mencapai 40 meter.

Lubang itu pertama kali ditemukan oleh penjelajah gua di wilayah Guangxi di Tiongkok selatan yang tidak pernah menyangka bahwa lubang itu "menyembunyikan" hutan primitif di dalamnya. Di antara 30 lubang pembuangan di Leye County, ini adalah yang terbesar, dengan panjang 306 meter, lebar 150 meter, dan kedalaman 192 meter.

Seorang insinyur senior di Institut Geologi Karst dari Survei Geologi Tiongkok Zhang Yuanhai mengatakan kepada Xinhua bahwa situs tersebut memiliki tiga gua di dindingnya dan hutan primitif yang terpelihara dengan baik di dasarnya. Para ilmuwan yang penasaran pun segera mengunjungi lokasi.

Untuk bisa mencapai dasar lubang untuk melihat isi di dalamnya, mereka rela berjalan kaki selama berjam-jam. Pemimpin tim ekspedisi Chen Lixin mengatakan bahwa selain pepohonan, ada semak belukar yang lebat di tanah yang mencapai bahunya.



Mengingat ini adalah gua purba primitif, dia sangat yakin bahwa ke depannya akan ada banyak spesies yang ditemukan, yang belum pernah dilaporkan sebelumnya. "Saya tidak akan terkejut mengetahui bahwa ada spesies yang ditemukan di gua-gua ini yang belum pernah dilaporkan atau dijelaskan oleh sains sampai sekarang," katanya.

Penemuan itu terjadi pada 6 Mei lalu. Sebagai catatan, wilayah Guangxi telah ditambahkan ke daftar Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2007. Topografinya yang unik meliputi formasi batuan dan sistem gua yang luas.

Bentang alam yang dipenuhi lubang semacam ini dikenal sebagai bentang alam karst. D Tiongkok, sinkhole semacam ini dikenal sebagai lubang surgawi dan banyak ditemukan di Tiongkok bagian selatan.

Lubang yang ditemukan kali ini berbeda dan disebut jarang ada. Sebab, kedalamannya cukup dalam namun memiliki bentuk yang unik sehingga mampu menyaring cahaya matahari yang masuk yang mendukung pohon-pohon besar untuk bisa tumbuh di dalamnya.

(wk/zodi)


You can share this post!


Related Posts