Resmi Bubar, 10 Potret Perjalanan Karier CLC Sepanjang Berkarya Bersama
Instagram/cube_clc_official
Selebriti

Pada Jumat (20/5), Cube Entertainment mengumumkan CLC akan resmi bubar pada 6 Juni 2022. 7 tahun berkarya, girl grup ini memulai debut mereka sejak tahun 2015. Berikut perjalan karier CLC.

WowKeren - Kabar mengejutkan datang dari CLC. Pada Jumat (20/5), Cube Entertainment mengumumkan girl grup yang berada di bawah naungannya itu akan resmi bubar pada 6 Juni 2022. Lebih lanjut Cube mengungkapkan bahwa CLC akan mempertahankan unggahan online grup untuk jangka waktu tertentu.

Ini merupakan upaya untuk penggemar dan CLC agar dapat menyimpan kenangan yang telah mereka buat bersama. Cube juga mengumumkan jadwal terperinci lewat pengumuman tersebut. Kabar ini tentunya membuat publik heboh sekaligus sedih. Penggemar memberikan komentar yang beragam akan kabar CLC resmi bubar bulan depan.

CLC sendiri telah berkarya selama 7 tahun lamanya. CLC ini menjadi salah satu grup yang underrated dan bertalenta. Berikut potret perjalanan karier mereka.

(wk/rosi)

1. Meraih popularitas sebelum debut


Meraih popularitas sebelum debut
YouTube/Mnet K-POP

CLC meriah popularitas bahkan sebelum debut resmi lho. Mereka mulai mendapatkan publisitas melalui pertunjukan jalanan yang diselenggarakan untuk mengumpulkan uang bagi anak-anak penyandang disabilitas.

2. awal Debut dengan lima member


awal Debut dengan lima member
YouTube/Mnet K-POP

Di tahun 2015, CLC memulai debut resmi mereka dengan lima anggota yakni Seunghee, Choi Yujin, Seungyeon, Sorn dan Yeeun. Mereka merilis EP "First Love" untuk debut dengan single utama "Pepe" pada 19 Maret. Mengusung tarian retro yang ditulis oleh Duble Sidekick dan Yang Geng. Ada bagian koreografi lagu yang ternyata Rain juga ikut andil di dalamnya.

3. Ketambahan dua personil


Ketambahan dua personil
Instagram/cube_clc_official

CLC merlis EP ketiga dengan lagu utama "High Heels" yang dirilis pada 29 Februari 2016. Tak lagi dengan lima member, CLC berpromosi beranggotakan 7 orang perempuan cantik yakni Elkie Chong dan Kwon Eunbin.

4. Grup yang berani menjajal berbagai konsep


Grup yang berani menjajal berbagai konsep
Instagram/cube_clc_official

CLC merupakan girl grup yang berani menjajal beragam konsep untuk meraih kesuksesan, mulai dari cute, funky, hingga fierce. CLC juga menggunakan konsep girl crush yang percaya diri. Di awal debut mreka, CLC kurang mendapat perhatian dan mengalami perjuangan jatuh bangun demi karier. Meski begitu grup ini tetap percaya diri dan terus melangkah.

5. Debut di jepang


Debut di jepang
Instagram/cube_clc_official

Di tahun 2016, CLC membuat debut Jepang mereka pada 13 April dengan merilis EP Jepang pertama bertajuk "High Heels". Album ini termasuk versi Jepang dari "Pepe", "First Love", "Like", "High Heels", dan cover dari "I Should Be So Lucky" milik Kylie Minogue. Saat merilis EP Jepang kedua mereka yang bertajuk "Chamisma", CLC masuk 10 Besar Oricon chart.

6. Kemenangan pertama


Kemenangan pertama
Instagram/cube_clc_official

Pada tahun 2019, CLC berhasil mendapatkan peringkat satu dalam program musik untuk pertama kalinya lewat lagu "No". Mereka juga berhasil mendapat penghargaan dalam Soribada Best K-Music Awards 2019 kategori Music Star Award.

7. Comeback terakhir


<i>Comeback</i> terakhir
Instagram/cube_clc_official

Pada 20 September 2020 CLC merilis sebuah single bertajuk "Helicopter" usai lama hiatus. Hal ini tak nyana membuat penggemar bersuka cita. Hingga berita ini dirilis, MV "Helicopter" telah ditonton sebanyak 63 juta kali di YouTube. Sayangnya tak ada yang menyangka bahwa ini akan menjadi comeback terakhir CLC sebelum Cube mengumumkan pembubaran grup.

8. Elkie hengkang dan isu bubar mencuat


Elkie hengkang dan isu bubar mencuat
Instagram/cube_clc_official

Hengkangnya Elkie di awal tahun 2021 sempat membuat publik geger. Beredar kabar bahwa alasan idol cantik itu hengkang dari CLC adalah karena tak dibayar oleh agensi. Elkie kemudian mengungkap alasan ia keluar dari CLC adalah karena kelelahan mental dan fisik. Di tahun yang sama, Choi Yujin menuai sorotan ketika mengikuti "Girl's Planet 99". Sambil menangis, Choi Yujin mengumumkan bahwa CLC sebenarnya telah bubar dan tidak memiliki aktivitas lagi kedepannya.

9. Sorn hengkang dan Seungyeon tak perpanjang kontrak


Sorn hengkang dan Seungyeon tak perpanjang kontrak
Instagram/cube_clc_official

Isu bubar mulai menguat sejak Choi Yujin mengumumkan hal tersebut di "Girl's Planet 99". Lantas pada November 2021 Sorn menjadi member selanjutnya yang memutuskan hengkang dari CLC. Pada 18 Maret Cube membagikan kabar bahwa Seungyeon dan Yeeun akan meninggalkan agensi setelah kontrak mereka berakhir.

10. Resmi bubar


Resmi bubar
Instagram/cube_clc_official

Usai banyaknya member yang memutuskan untuk hengkang, isu bubar semakin kuat membayangi CLC. Kini tak lagi menjadi isu, grup yang telah berkarya selama 7 tahun ini resmi disband bulan depan.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait