Perluas Pelonggaran COVID-19, Thailand Bakal Akhiri Kebijakan 'Thai Pass' Bagi Turis Asing
Unsplash/Rach Teo
Dunia
Menuju Endemi COVID-19

Banyak negara di dunia yang kondisi pandemi COVID-19 telah menunjukkan perbaikan, seperti Thailand, sehingga memberikan pelonggaran pembatasan. Misalnya memberikan akses mudah kepada turis asing untuk masuk ke suatu negara.

WowKeren - Kondisi pandemi COVID-19 di dunia tampaknya semakin menunjukkan perbaikan. Di Thailand, Kementerian Kesehatan Masyarakat telah memberikan kerangka waktu yang longgar tentang kapan akan memutuskan untuk menjatuhkan "Thailand Pass" untuk orang asing.

Menteri Kesehatan Masyarakat Anutin Charnvirakul mengatakan untuk membuat keputusan tersebut, dibutuhkan informasi yang lebih solid tentang kasus terinfeksi yang datang dari pendatang asing untuk mencapai kesimpulan. Hal ini disampaikan dalam sebuah acara yang diselenggarakan oleh Asosiasi Alumni Chulalongkorn dan mitra mereka.

"Kemungkinan kami akan membatalkan persyaratan pendaftaran Thailand Pass untuk orang asing, kami butuh satu bulan lagi, kami akan memiliki jawaban yang jelas," ujar Anutin dilansir dari Bangkok Post, Sabtu (21/5).

Akan tetapi, Anutin menuturkan bahwa Thailand saat ini juga telah melonggarkan banyak peraturan yang digunakan dalam upayanya untuk mengelola infeksi COVID-19 karena situasi yang membaik terkait infeksi harian.



Selanjutnya, Anutin memberikan contoh langkah pelonggaran terbaru dengan pembukaan pub, bar dan tempat karaoke di Provinsi berstatus zona biru dan hijau untuk meningkatkan pariwisata bulan depan. Ia pun meyakini bahwa akan ada kerja sama yang solid dari pelaku usaha terkait dalam mengikuti imbauan keselamatan kesehatan kementerian.

"Kami telah melihat hasil dari tindakan pengendalian kami, termasuk persentase penduduk yang menerima dua dosis vaksin COVID-19 cukup tinggi," beber Anutin. "Itulah alasan mengapa kami mulai melonggarkan beberapa peraturan."

Di samping itu, Anutin juga memuji kemampuan negara untuk menyediakan orang dengan akses ke perawatan medis dan obat-obatan dengan mudah. Ia kemudian menambahkan bahwa telemedicine merupakan langkah penting lain yang akan diambil kementerian untuk menawarkan perawatan medis kepada semua orang Thailand.

Banyak negara di dunia yang kondisi pandemi COVID-19 nya sudah menunjukkan perbaikan. Tak hanya di Thailand, di Indonesia juga telah lebih stabil, sehingga pemerintah pun memberikan sejumlah pelonggaran pembatasan COVID-19, di antaranya diizinkan tidak memakai masker di ruang terbuka.

(wk/tiar)


You can share this post!


Related Posts