Deretan Momen Unik di Ajang SEA Games 2021: Aksi Sejoli Berprestasi RI Hingga Aktor Tampan Thailand
VNA
Dunia

Sederet momen unik dan menarik mewarnai ajang olahraga yang diadakan setiap dua tahun tersebut. Simak sejumlah momen menarik di ajang SEA Games 2021 di bawah ini!

WowKeren - Ajang SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam, akhirnya telah selesai terlaksana. Pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara tersebut ditutup dengan Closing Ceremony pada Senin (23/5) malam di Stadion My Dinh, Hanoi.

Pelaksanaan SEA Games 2021 sebelumnya sempat tertunda karena pandemi COVID-19. Sedianya, SEA Games Vietnam dijadwalkan berlangsung pada 21 November hingga 2 Desember yahun ini. Namun pelaksanaan SEA Games edisi ke-31 ini akhirnya diundur menjadi 12 Mei hingga 23 Mei 2022.

Sederet momen unik dan menarik mewarnai ajang olahraga yang diadakan setiap dua tahun tersebut. Mulai dari aksi atlet yang merupakan sepasang kekasih hingga aksi LED Dance di Closing Ceremony. Simak sejumlah momen menarik di ajang SEA Games 2021 di bawah ini!

Tari Bunga Teratai di Opening Ceremony

Tari Teratai

Source: YouTube

Opening Ceremony SEA Games 2021 digelar di Stadion My Dinh, Hanoi, pada 12 Mei 2022 lalu. Vietnam sebagai tuan rumah memamerkan Tarian Bunga Teratai dalam acara pembukaan ajang olahraga tersebut.

Diketahui, bunga teratai merupakan bunga nasional Vietnam. Bunga ini juga memiliki makna optimistis dan komitmen di masa depan.

Dalam atraksi tersebut, para penari tampak cantik dalam balutan gaun bermotif bunga teratai. Beberapa penari membawa properti yang digunakan untuk membentuk formasi bunga teratai. Cahaya merah muda yang mewarnai panggung juga membuat suasana menjadi semakin magis!

Aksi Sejoli Berprestasi Dari Indonesia

Pasangan Kekasih

Source: Instagram/@fathur_gustafian

Sepasang sejoli yang merupakan atlet tembak asal Indonesia berhasil mempersembahkan emas untuk Tanah Air. Pasangan berprestasi tersebut adalah Fathur Gustafian dan Dewi Laila Mubarokah.

Kedua atlet yang merupakan sepasang kekasih tersebut sama-sama menorehkan prestasi tinggi di cabor menembak. Dewi berhasil memenangkan medali emas di nomor 10 meter Air Rifle putri. Sedangkan Fathur menyabet medali emas di nomor 10 meter Air Rifle mixed team bersama partnernya, Citra Dewi Resti.

Momen romantis pun terjadi usai Fathur berhasil memenangkan medali emas. Fathur tampak beberapa kali mencium kening Dewi sebagai ekspresi kebahagiaannya. Diketahui, pasangan ini dipertemukan di lapangan tembak delapan tahun lalu hingga akhirnya tumbuh benih-benih asmara.

"Ya tetap kita profesional," ujar Fathur dilansir Antara. "Soal pacaran, tahu waktu dan tempat. Kalau di lapangan ya sebagai sesama atlet, kalau di luar ya kita tahu batasnya."

Aktor Tampan Thailand Ikut Bertanding di Cabor Renang

Aktor Tampan

Source: Instagram/@est_rvp

Salah satu atlet perwakilan Thailand yang turut berpartisipasi di ajang SEA Games 2021 adalah seorang aktor tampan. Aktor sekaligus atlet renang tersebut bernama Supha Sangaworawong.


Pria yang akrab disapa Est tersebut dikenal sebagai seorang atlet renang sekaligus aktor pendatang baru. Ia diketahui debut di serial "Love By Chance 2: A Chance to Love" sebagai karakter bernama Gonhin. Ia juga berpartisipasi dalam proyek drama Thailand berjudul "Get Rich" yang tayang tahun ini.

Di ajang SEA Games 2021 ini, Est berhasil meraih medali perunggu di kategori estafet gaya bebas 4x100m bersama tiga rekan timnya. Selain memenangkan medali perunggu, Est juga merayakan ulang tahunnya yang ke-21 di Vietnam.

Pesenam Indonesia Berbagi Emas Dengan Thailand

Pesenam

Source: Instagram/@gymnastics.indonesia

Momen unik dialami oleh pesenam Indonesia, Rifda Irfanaluthfi, yang sama-sama mendapat medali emas dengan wakil Thailand, Sasiwimon Muchangpu. Pasalnya, dalam pertandingan cabor senam artistik nomor floor exercise putri, pada 16 Mei lalu, Rifda dan Sasiwimon Muchangpu sama-sama mendapat 12.700 poin.

Bendera Merah Putih dan Bendera Thailand sama-sama bersanding di atas pada momen penganugerahan medali. Lagu Indonesia Raya kemudian dikumandangkan terlebih dahulu, disusul oleh Phleng Chat Thai. Adapun atlet Vietnam, Pham Nhu Phong, meraih medali perunggu dalam pertandingan tersebut dengan perolehan 12.033 poin.

Diketahui, momen berbagi medali emas untuk dua atlet sangat langka terjadi. Di ajang Olimpiade, fenomena ini baru terjadi 31 kali sejak kompetisi berlangsung mulai tahun 1896.

Indonesia Peringkat Tiga SEA Games 2021

Indonesia peringkat 3

Source: kemenpora.go.id

Keberhasilan kontingen Indonesia masuk dalam peringat tiga besar SEA Games 2021 menjadi salah satu momen membanggakan. Indonesia bertengger di peringkat tiga dengan total perolehan 242 medali, yang terdiri dari 69 emas, 92 perak, dan 81.

Sedangkan peringkat pertama masih menjadi milik tuan rumah dengan raihan 439 medali yang terdiri dari 206 emas, 123 perak, dan 111 perunggu. Sementara peringkat kedua dipegang oleh Thailand dengan 326 medali, terdiri dari 92 emas, 101 perak, 134 perunggu.

"Dibandingkan SEA Games Filipina sebelumnya, dari sisi jumlah keberangkatan atlet sudah berbeda. Kalau di Filipina sekitar 800 lebih atlet, SEA Games 2021 Vietnam kali ini, hampir separuh lebih sedikit atlet yang berangkat, tapi Alhamdulillah medali yang kita raih sudah memenuhi harapan dan kita berhasil masuk tiga besar," ujar Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, Senin (23/5).

LED Dance Keren di Closing Ceremony

LED Dance

Source: YouTube

Closing Ceremony SEA Games 2021 berjalan spektakuler dengan pertunjukan cahaya yang menakjubkan. Upacara ini dibagi ke dalam tiga bab untuk menandai peremajaan olahraga di wilayah tersebut setelah dihentikan sejak Maret 2020 karena pandemi COVID-19. Yakni "Hai Hanoiku, cintamu"; "Berkumpul"; dan "Bersinar".

Grand finale dari Vietnam dalam Closing Ceremony SEA Games 2021 adalah pertunjukan tarian lampu LED dan medley lagu-lagu daerah Quan Ho yang dibawakan oleh 100 seniman folk Bac Ninh. Termasuk "Saying Goodbye", "Inviting Betelnuts", dan "Please Don't Leave".

Sebagai informasi, ini merupakan kali kedua Vietnam menjadi tuan rumah SEA Games sejak tahun 2003 lalu. Adapun SEA Games 2023 mendatang akan diselenggarakan di Kamboja.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru