Bir Jadi Sponsor Formula E Jakarta, MUI Singgung Sakit Hati Penduduk Mayoritas
AFP/Andreas Solaro
Nasional
Formula E 2022

Wakil Ketua Umum MUI ikut menanggapi munculnya produsen bir dunia sebagai sponsor ajang Formula E Jakarta. Ia pun mengingatkan penyelenggara untuk lebih memperhatikan nilai-nilai agama penduduk mayoritas.

WowKeren - Deretan sponsor untuk ajang Formula E di Jakarta telah diungkap oleh penyelenggara. Namun ternyata kemunculan produsen bir dunia, Heineken sebagai sponsor global menuai kontroversi.

Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Anwar Abbas ikut angkat suara mengenai persoalan tersebut. Anwar pun mengingatkan pemerintah daerah agar memperhatikan nilai-nilai ajaran agama yang dianut mayoritas penduduk setempat ketika mengeluarkan suatu kebijakan.

"Di negeri dan atau di daerah yang mayoritas penduduknya beragama tertentu maka pemerintah di daerah tersebut kalau akan melakukan sesuatu hendaklah memperhatikan nilai-nilai dari ajaran agama yang dianut oleh mayoritas penduduk di daerah tersebut," ujar Anwar, Jumat (27/5), melansir Cnnindonesia.com.

Anwar menilai tindakan itu berpotensi menyakiti hati mayoritas pemeluk agama di daerah tersebut. Karena itu, ia merasa masyarakat tak bisa disalahkan ketika reaktif dan marah atas kebijakan tersebut. Sebaliknya, pemerintah justru yang disalahkan karena tak sensitif ketika mengeluarkan kebijakan.
"Cuma tindakan tersebut sudah jelas akan menyakiti hati dari pemeluk agama yang dianut oleh mayoritas penduduk di daerah tersebut," ungkap Anwar.

Anwar menekankan bahwa bangsa Indonesia memiliki falsafah Pancasila sebagai pedoman bernegara. Terlebih lagi, kedudukan nilai-nilai agama telah diatur dalam Pancasila.


"Bagaimana kalau pemerintah tidak memperhatikan hal demikian? Ya silakan saja, cuma hal demikian berarti pemerintah telah mengajari rakyatnya untuk menentang pancasila terutama sila pertamanya," bebernya.

Seperti diketahui, dalam laman resmi Formula E, sponsor bir dengan warna merah dan bintang tampak menjadi salah satu mitra Formula E global. Warganet langsung menyoroti sponsor bir ajang balap mobil listrik Formula E Jakarta.

Panitia penyelenggara Formula E Jakarta Ahmad Sahroni menyebut iklan bir pada ajang Formula E yang akan digelar si Jakarta Utara itu merupakan bagian dari sponsor global Formula E Operation (FEO).

"Itu global punya, sponsor langsung FEO," ucap Ketua Komite Penyelenggara Formula E Jakarta Ahmad Sahroni mengutip Antara, Kamis (26/5).

Selain bir, ada juga sponsor dari maskapai penerbangan, merek jam tangan hingga perusahaan jasa ekspedisi internasional. Sedangkan sponsor untuk Formula E di Jakarta masih sama dengan sponsor secara global namun ada tambahan logo Jakpro dan Jakarta Kota Kolaborasi.

(wk/amel)

You can share this post!

Artikel Terkait