Panitia Formula E Bongkar Daftar Sponsor Yang Selalu Jadi Misteri, Ada BUMN?
Instagram/fiaformulae
Nasional
Formula E 2022

Penyelenggara kini mengumumkan daftar sponsor lokal yang akan ikut mendanai Formula E di Jakarta. Apakah ada perusahaan BUMN yang akhirnya ikut mendanai acara tersebut?

WowKeren - Terdapat berbagai jenis sponsor yang akan ikut mendanai penyelenggaraan Formula E di Jakarta. Di antaranya ada sponsor utama, global, teknis, lokal dan partner biasa. Pihak panitia pun sudah mengumumkan daftar perusahaan yang akan menjadi sponsor Formula E Jakarta pada International E-Prix Circuit (JIEC), pada Sabtu (4/6) mendatang.

Terhitung sudah ada tujuh sponsor lokal yang diumumkan. Dari tujuh sponsor lokal tersebut, Vice Managing Director Formula E, Gunung Kartiko menyampaikan belum ada perusahaan BUMN yang menjadi sponsor.

“Benar, sudah ada tujuh perusahaan lokal yang akan menjadi sponsor, karena besok juga masih ada penandatanganan sponsorship. Namun, sampai hari ini itu masih perusahaan swasta nasional, jadi BUMN belum ada,” ujar Gunung.

Tujuh perusahaan swasta nasional itu di antaranya retailer Erafone, Bank Arta Graha Internasional, Hotel Discovery Ancol, Glutavit, Electronic City, Paprika, dan MS Glow for Men. Nilai kerjasama sponsor tersebut mencapai Rp 100 Miliar.

"Benar (nilai total Rp 100 miliar). Nilai termasuk dari tujuh sponsor tersebut," ungkap Ahmad Sahroni selaku Ketua Panitia Organizing Committee (OC),


Ahmad Sahroni sebelumnya mengharapkan adanya sponsor dari pihak Kementerian BUMN untuk mendukung pergelaran ajang balapan mobil listrik internasional yang akan diselenggarakan di kawasan Ancol pada 4 Juni mendatang.

Selain sponsor lokal, Formula E Jakarta diketahui juga bekerjasama dengan beberapa sponsor luar negeri seperti ABB, perusahaan yang bergerak di bidang teknologi asal Swiss dan Michellin, sponsor produk ban asal Prancis.

Lalu beberapa perusahaan besar swasta besar lainnya seperti produsen bir, produsen anggur, penyedia jasa kurir, dan jam tangan mewah juga turut hadir sebagai sponsor.

"Perusahaan tersebut di antaranya Copper, Hugo Boss, Bosch, DHL, Moet & Chandon, Enel x Way, Allianz, Tag Heuer, Antofagasta Minerals, Heineken, dan Saudia," dikutip dari laman resmi Formula E, Senin (30/5).

Seperti yang diketahui, kemunculan produsen bir dunia sebagai sponsor Formula E pun sempat memicu kontroversi. Namun akhirnya pernyataan itu telah diluruskan oleh pihak penyelenggara.

(wk/amel)

You can share this post!

Artikel Terkait