Menu Daging-Jeroan Babi Mentah Viral di Thailand, Depkes Ingatkan Soal Ancaman Kematian
Unsplash/Wesual Click
Dunia

Sashimi dari ikan mentah memang sudah biasa dikonsumi. Tapi kini sebuah restoran Jepang di Thailand menawarkan hidangan tak lazim, sashimi dari daging babi mentah yang tampaknya berbahaya,

WowKeren - Sebuah restoran Jepang di Bangkok memiliki daging babi mentah dalam menunya. Setelah foto menu restoran itu viral di media sosial, makan “sashimi babi” menjadi tren terbaru di Thailand. Tapi makan daging babi mentah sebenarnya bisa membunuh seseorang.

Hal itu disampaikan oleh Departemen Kesehatan Thailand. Daging babi mentah mengandung patogen berbahaya yang hampir dipastikan dapat menyebabkan demam, sakit kepala, mual dan muntah, ruam kulit, diare, dan infeksi parasit, menurut Direktur Jenderal Departemen Kesehatan Dr. Suwannachai Wattanayingcharoenchai. Depkes pun meminta orang-orang untuk tidak memakannya.

Dalam kasus yang serius, bakteri dalam daging babi mentah dapat menyebabkan gangguan pendengaran sementara atau permanen. Bahkan termasuk infeksi otak, perikarditis dan sepsis berat yang dapat menyebabkan kematian, dokter memperingatkan.


Diketahui sebelumnya, sebuah foto menu “sashimi babi” di salah satu restoran Jepang di Bangkok menjadi viral di media sosial Thailand pekan lalu. Menu tersebut berisi berbagai masakan berbahan baku jeroan babi. Seperti di antaranya lidah babi mentah, jantung, diafragma, hati, dan perut.

Suwannachai mengatakan daging babi perlu dimasak pada suhu 70 derajat Celcius atau lebih tinggi selama lebih dari 5 menit agar aman untuk dikonsumsi manusia. Dokter juga menyarankan untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah memegang segala jenis daging mentah.

Pada tahun 2015, Jepang sendiri telah memperkenalkan undang-undang yang melarang restoran menyajikan sashimi babi mentah. Hal itu lantaran hidangan tersebut menyebabkan begitu banyak kasus keracunan makanan, mulai dari hepatitis E hingga infeksi parasit. Di Jepang, menyajikan daging babi mentah atau setengah matang dapat dihukum hingga 2 tahun penjara dan denda setara dengan lebih dari 550 ribu baht.

Sementara tidak ada undang-undang seperti itu di Thailand, di mana larb yang terbuat dari daging babi mentah telah menjadi menu populer selama berabad-abad. Namun, makan daging babi mentah dalam bentuk apa pun dapat menyebabkan penyakit mematikan, atau bahkan kematian. Jadi Departemen Kesehatan menyarankan untuk menghindarinya dengan cara apa pun.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait