Anies Baswedan Siap Sambut Jokowi di Sirkuit Formula E, Tegaskan Bukan Event Politik
Instagram/aniesbaswedan
Nasional

Presiden Jokowi digadang-gadang akan datang secara langsung menyaksikan gelaran Formula E di Ancol, Jakarta Utara, pada Sabtu (4/6) besok. Gubernur DKI pun menyatakan siap menerima kedatangan Presiden.

WowKeren - Perhelatan balap mobil listrik internasional Formula E bakal digelar pada Sabtu (4/6) besok. Presiden Joko Widodo pun dikabarkan akan datang menyaksikan secara langsung Formula E di Sirkuit Ancol, Jakarta Utara.

Terkait dengan kabar kedatangan Jokowi secara langsung saat Formula E berlangsung, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun mengaku siap menyambut kedatangan orang nomor satu di Indonesia itu. "Semua orang akan disambut, kami berharap ini bisa berjalan lancar," ujar Anies dalam keterangannya di Balai Kota Jakarta, Kamis (2/6).

Lebih lanjut, Anies menyebut bahwa tidak ada yang perlu diperdebatkan dengan hadirnya Jokowi di sirkuit Formula E secara langsung. Ia pun meminta agar ajang Formula E tidak dipolitisasi.

"Ini bukan event politik, tapi event sport dan penyelenggaranya adalah Pemprov DKI Jakarta, berkolaborasi dengan Formula E dan IMI (Ikatan Motor Indonesia)," jelas Anies. "Jadi fenomenanya sama, hanya bergantung kacamata yang digunakan apa."

Sementara itu, sebelumnya, Pemprov DKI memang sudah mengirimkan undangan ke Jokowi untuk menghadiri Formula E di Ancol. Hal ini disampaikan oleh Wagub DKI Ahmad Riza Patria.


Di sisi lain, belakangan, tampak Pasukan Pengamanan Presiden alias Paspampres dibantu dengan pihak kepolisian sudah melakukan pengecekan langsung ke sirkuit untuk mengatur skema pengamanan kepala negara. Jajaran Polda Metro Jaya pun mendatangi sirkuit Formula E atau Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) 2022 di Ancol, Jakarta Utara pada Senin (30/5) lalu.

Kemudian, Kepala Biro Operasional Polda Metro Jaya Kombes Pol Marsudianto mengatakan bahwa peninjauan melibatkan anggota TNI, termasuk Paspampres yang juga sudah melakukan pengecekan. Ia mengatakan keterlibatan TNI nantinya hanya untuk pengamanan Presiden.

"InsyaAllah, hadir (Presiden Jokowi), dari Paspampres juga sudah ada yang melakukan pengecekan di sini," ungkap Marsudianto dalam keteranganya.

Marsudianto kemudian menambahkan bahwa jajaran Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya juga menyiapkan pengaturan arus lalu lintas menjelang kedatangan Presiden. Di antaranya adalah dengan mengatur truk trailer yang memang setiap hari mengaspal di jalanan Jakarta Utara.

Marsudianto menerangkan, nantinya satu jam sebelum Jokowi hadir, kendaraan-kendaraan besar, terutama kontainer, akan dihentikan sampai Presiden selesai kegiatan. "Dari sini, baru kita buka kembali, untuk sementara saja," jelasnya.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru