Imbas Larangan Ekspor Malaysia, Singapura Bingung Cari Pasokan Ayam?
Unsplash/Zoe Schaeffer
Dunia

Bahkan tidak menutup kemungkinan, Singapura juga akan melirik negara yang lebih jauh untuk mendapatkan pasokan ayamnya, termasuk Brasil dan Amerika Serikat.

WowKeren - Larangan ekspor Malaysia terhadap pasokan ayam turut mempengaruhi Singapura. Pasokan ayam Singapura kini harus bergantung pada Thailand, ditambah beberapa negara lain setelah bulan lalu Malaysia mengeluarkan larangan ekspor tersebut.

Padahal, sepertiga kebutuhan ayam Singapura dipasok oleh Malaysia sebelumnya. Alhasil, Singapura menjadi kekurangan rantai pasokan yang akut. Melalui sebuah postingan di akun Facebook, Menteri Dalam Negeri Singapura Desmond Tan berharap agar negara kepulauan itu bisa mendapatkan lebih banyak pasokan ayam dingin dari Australia dan Thailand.

Bahkan tidak menutup kemungkinan, Singapura juga akan melirik negara yang lebih jauh untuk mendapatkan pasokan ayamnya. Dia mengatakan akan mendapatkan lebih banyak pasokan ayam beku dari negara-negara termasuk Brasil dan AS dalam beberapa minggu mendatang.


Meski mendapat hambatan dari larangan ekspor Malaysia, Tan mengatakan pasokan ayam Singapura tetap stabil. "Berkat respons cepat dari importir, distributor, dan supermarket kami, bekerja sama dengan Singapore Food Agency," katanya.

Sebagaimana diketahui, Malaysia telah mengeluarkan larangan ekspor unggas pada bulan lalu. Langkah itu diambil sehingga pihak berwenang dapat menyelidiki aktivitas ilegal kartel yang mengendalikan harga dan pengiriman produknya. Larangan itu adalah yang terbaru dari serangkaian langkah proteksionis ketika negara-negara di seluruh dunia berjuang melawan kenaikan biaya pangan.

Selain Malaysia, beberapa negara lainnya juga baru-baru ini membatasi jumlah ekspor mereka. Seperti India yang telah membatasi ekspor gandum, dan Serbia dan Kazakhstan sama-sama memberlakukan kuota pada pengiriman biji-bijian.

Sementara itu, kantor berita Malaysia Bernama, mengatakan kekurangan ayam di negara itu akan diselesaikan dalam sebulan, mengutip direktur jenderal Departemen Kedokteran Hewan negara itu. Sampai saat itu, Menteri Tan telah mengatakan kepada warga Singapura untuk yakin bahwa ada cukup ayam di Singapura untuk dibeli orang sebanyak biasanya.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait