Dibantu Ulama di Swiss, Ridwan Kamil Mandikan Jenazah Eril dan Kumandangkan Azan
Nasional

Jenazah Eril dimandikan usai Ridwan Kamil tiba di Bern, Swiss, pada Kamis (9/6). Ridwan Kamil dibantu oleh ulama setempat dalam memandikan jenazah Eril.

WowKeren - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil turut memandikan jenazah putra sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril, secara syariat Islam. Eril yang hilang saat berenang di Sungai Aare, Bern, Swiss, telah ditemukan di Bendungan Engehalde pada Rabu (8/6) pagi waktu setempat.

Jenazah Eril dimandikan usai Ridwan Kamil tiba di Bern pada Kamis (9/6). Ridwan Kamil dibantu oleh ulama setempat dalam memandikan jenazah Eril.

Menurut Elpi Nazmuzaman selaku perwakilan keluarga Ridwan Kamil, gubernur Jabar itu langsung mengusap, memeluk, dan mengumandangkan azan usai memandikan jenazah Eril. Ridwan Kamil sempat meminta izin dari ulama setempat sebelum mengumandangkan azan.

"Sebelum mengadzankan, Kang Emil sempat menanyakan kepada ulama setempat apakah boleh atau tidak Kang Emil mengadzankan almarhum," ungkap Elpi. "Dan ulama setempat menyatakan dipersilakan."

Setelah memandikan jenazah Eril, Ridwan Kamil menghubungi keluarga besar di Indonesia. Termasuk istrinya, Atalia Praratya.


"Kemudian keluarga inti diberikan kesempatan untuk melihat suasana ruangan dan kemudian menyaksikan Kang Emil mendoakan Eril," tutur Elpi.

Di sisi lain, Ridwan Kamil juga sempat bertemu dengan wanita bernama Geraldine Beldi di Swiss. Wanita tersebut adalah seorang guru SD yang disebut-sebut menemukan jenazah Eril.

Menurut Ridwan Kamil, Beli menemukan jenazah Eril saat ia sedang berjalan pagi menuju tempatnya mengajar. Kemudian, Beldi pun langsung menghubungi pihak kepolisian, hingga akhirnya jenazah Eril bisa ditemukan dan diselamatkan dengan baik.

Ridwan Kamil mengaku berkewajiban untuk menyampaikan rasa terima kasih kepada Beldi sebelum akhirnya pulang ke Tanah Air. "Alhamdulillah, menunggu selesai ia mengajar, jam 11 tadi kami bertemu dan saya haturkan rasa terima kasih saya," beber Ridwan Kamil dalam unggahan Instagram-nya pada Jumat (10/6).

Beldi pun turut menyampaikan bela sungkawa kepada Ridwan Kamil atas meninggalnya Eril. "Kami warga Kota Bern, tahu semua tentang berita Eril. Jadi saya pun tiap jalan kaki, selalu melihat ke arah sungai Aare. Dan ternyata saya yang menemukannya. Turut berduka cita ya Pak," tutur Beldi

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru