Seng Area Makam Eril Sempat Jebol, Ridwan Kamil Izinkan Warga Ziarah Jam 8 Pagi Hingga 5 Sore
Nasional

Antusiasme warga untuk berziarah ke makam Emmeril Kahn Mumtadz pun sangat tinggi hingga membuat gerbang seng pembatas di area pemakaman Eril sempat jebol pada Senin (13/6) kemarin.

WowKeren - Putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril, telah dimakamkan di kawasan Islamic Center Baitul Ridwan Al Mumtadz, Desa Cimaung, Kabupaten Bandung pada Senin (13/6) kemarin. Antusiasme warga untuk berziarah ke makam Eril pun sangat tinggi hingga membuat gerbang seng pembatas di area pemakaman Eril sempat jebol.

"Antusiasme masyarakat tidak bisa ditahan, kemarin sampai ada gerbang-gerbang yang jebol di belakang ini, cuman kesigapan aparat dari TNI, Polri, Dishub dan Satpol PP untuk memberi arahan," ungkap Pengawas Lalu lintas Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung, Iwan Ikhwanto.

Karena kemarin terjadi hujan yang cukup besar dan posisi tanah makam masih labil, pembatasan jarak antara peziarah dan pusara Eril diterapkan pada Selasa (14/6) hari ini. Diketahui, peziarah yang datang kemarin masih bisa berdoa di pinggir pusara Eril.

"Kalau kemarin yang mendoakan (peziarah) masih bisa di pinggir pusara Eril. Kalau sekarang kan itu tanah masih labil, jadi kalau nanti ada masyarakat di sana takutnya ambles," jelas Iwan. "Jadi, ya, untuk sekarang itu diberikan pembatas dari panitia di sini sekitar satu meter dari pusara."


Menurut Iwan, hari ini tidak ada pembatasan jumlah peziarah di area pintu masuk. Hanya saja ada pembatasan di area pemakaman Eril.

"Dibatasinya di sini pas pemakamannya, jadi jangan semuanya masuk, nanti diatur sekitar 10 orang per 5 menit. Dan ada aparat yang mengatur dari satpol PP juga dari panitia lingkungan makam ini," paparnya.

Sementara itu, Ridwan Kamil sendiri telah mempersilakan warga untuk berziarah ke makam putranya. Warga bisa berziarah mulai dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore.

"Dear warga tercinta, jika ingin mendoakan sambil berziarah, waktunya adalah jam 08.00 - 17.00 WIB. Hatur Nuhun," tulis Ridwan Kamil di Twitter, Selasa.

Ridwan Kamil juga mengunggah video makam putranya. Dalam video tersebut, tampak makam Eril berlatar belakang sawah dengan kicauan burung terdengar.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait