Resmi Dilantik Jadi Mendag, Ini Strategi Zulkifli Hasan Atasi Masalah Minyak Goreng
setkab.go.id
Nasional

Dengan dilantikanya Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan, maka resmi menggantikan menteri terdahulu Muhammad Lutfi. Zulhas pun telah mendapatkan 'PR' dari Jokowi untuk menjaga kebutuhan pokok RI.

WowKeren - Pada Rabu (15/6) kemarin, Ketua Umum Partai Amanat (Ketum PAN) Zulkifli Hasan telah resmi dilantik menjadi Menteri Perdagangan (Mendag) menggantikan Muhammad Lutfi. Pelantikan Zulhas sapaan akrab Zulkifli Hasan, menjadi Mendag baru ini disambut baik oleh sejumlah pihak.

Setelah resmi dilantik menjadi Mendag, Zulhas pun menyiapkan strategi awal untuk mengatasi masalah minyak goreng. Sebagaimana diketahui, masyarakat Indonesia hingga saat ini masih bergelut dengan kelangkaan minyak goreng yang membuat harganya menjadi sangat mahal.

Ketua DPP PAN Saleh Partaonan Daulay pun mengungkapkan dua hal yang akan dilakukan Zulhas untuk mengatasi masalah minyak goreng di awal kepemimpinannya sebagai Mendag. Di antaranya adalah Zulhas disebut bakal terjun langsung ke lapangan.

"Mendekati seluruh pengusaha-pengusaha yang selama ini bergerak (di bidang) industri minyak goreng, dan pengusaha yang menjadi distributornya juga," ujar Saleh kepada wartawan, Rabu (15/6).

Kemudian, kata Saleh, Zulhas juga akan melihat langsung kondisi di pasar, bagaimana pelaksanaan bisnis ataupun perdagangan dengan minyak goreng itu sendiri. Ia pun menyebut bahwa Zulhas memiliki pengalaman menjadi pengusaha.


Menurut Saleh, dengan berbekal pengalaman sebagai pengusaha, itu bisa menjadi salah satu modal Zulhas dalam mengatasi permasalahan minyak goreng. Ia mengungkapkan bahwa Zulhas sudah memiliki pengalaman yang cukup panjang sebagai pengusaha.

"Bahkan sebelum beliau masuk di politik itu sudah sangat dikatakan berhasil mengembangkan usahanya, dan kebetulan masuk di partai politik. Pengalaman di dunia politik juga sudah cukup baik," beber Saleh.

Lebih lanjut, Saleh menyampaikan target Zulhas sebagai Mendag, khususnya dalam mengatasi permasalahan minyak goreng. Ia menyebut bahwa Zulhas akan berupaya agar stok minyak goreng dalam negeri tercukupi.

"Dia kan lagi mengupayakan bagaimana agar stok dari minyak goreng yang ada di dalam negeri betul-betul bisa tercukupi dan terdistribusi di seluruh Indonesia," beber Saleh.

Sebagaimana diketahui, Presiden Joko Widodo memberikan mandat kepada Zulhas selaku Mendag. Jokowi meminta agar Zulhas mengurusi kebutuhan pokok dalam negeri, termasuk juga urusan ekspor.

"Kalau urusan ekspor, saya kira juga menjadi urusan Mendag ya, tapi yang lebih penting adalah urusan kebutuhan pokok di dalam negeri, harus bisa kita jaga," tutur Jokowi usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (15/6).

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait