Sejumlah Jemaah Haji Indonesia Ditangkap Kepolisian Arab Saudi Gara-gara Poster
Pixabay/Abdullah_Shakoor
Nasional
Haji 2022

Beberapa jemaah haji asal Indonesia ditangkap kepolisian Arab Saudi karena membawa poster. Kemenag pun meminta jemaah haji Indonesia menjaga kedisiplinan.

WowKeren - Sejumlah masalah dialami para jemaah haji asal Indonesia yang kini telah berada di Arab Saudi. Mulai dari tersesat hingga kendala cuaca panas yang ekstrim. Tak hanya itu, sejumlah jemaah haji asal Indonesia rupanya juga ada yang ditangkap pihak kepolisian Arab Saudi.

Kementerian Agama (Kemenag) RI mendata ada sejumlah jemaah haji ditangkap kepolisian Arab Saudi. Hal itu lantaran para jemaah haji tersebut membawa poster untuk foto. Kemenag RI mengingatkan jemaah asal Indonesia untuk disiplin dan mengikuti aturan selama menjalankan ibadah haji.

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI, Hilman Latief pun mengkonfirmasi adanya jemaah haji asal Indonesia yang ditangkap karena foto dan membentangkan poster saat berada di Arab Saudi. Hanya saja, dia tak mengungkapkan berapa jumlah JCH yang ditangkap kepolisian Arab Saudi akibat foto dan membentangkan poster.

Namun, Hilman Latief menambahkan bahwa para jemaah haji yang tertangkap itu kini sudah dibebaskan kembali. "Ada. Ada beberapa dan sudah bebas," katanya di Makassar, Kamis (16/6).



Karena itu, Hilman pun ikut mengingatkan kepada para jemaah haji untuk tidak membawa dan membentangkan poster untuk foto. Pasalnya, ada aturan ketat bagi jemaah haji tidak bisa melakukan foto dengan poster.

"Ini mohon kedisiplinannya. Itu hal sepele, tapi bagi orang sana itu pelanggaran. Kalau selfie masih boleh lah asal tahu diri aja dan Jangan sampai berlebihan," tegas Hilman.

Selain itu, Hilman mengaku saat ini Kemenag RI masih fokus dalam hal pemberangkatan jemaah haji. Ia menjelaskan, persiapan pemberangkatan jemaah haji ke tanah suci sudah mencapai 100 persen.

"Sekarang ini fokus kita memberangkatkan haji tahun ini selamat, jemaahnya sehat, tidak ada terkonfirmasi covid. Kalaupun ada nanti bisa diatur untuk bisa ada jeda waktu," tutupnya.

Seperti diketahui, jemaah haji asal Indonesia yang sudah tiba di Arab Saudi sebelumnya juga mengalami sejumlah masalah. Salah satunya tak bisa menemukan jalan pulang ke hotel atau pemondokan usai beribadan di mesjid Nabawi. Selain itu, para jemaah juga harus menghadapi cuaca panas ekstrim yang bisa mencapai lebih dari 40 derajat celcius.

(wk/amel)


You can share this post!


Related Posts