Usai Mengunggah Meme Stupa Candi Borobudur Mirip Jokowi, Roy Suryo Sampaikan Permintaan Maaf
Nasional

Unggahan Roy Suryo yakni meme stupa Candi Borobudur yang mirip Jokowi itu menimbulkan kehebohan. Kini Roy pun menyampaikan permintaan maaf atas unggahan tersebut.

WowKeren - Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo sebelumnya terancam bakal dilaporkan ke polisi usai mengunggah meme stupa Candi Borobudur yang menyerupai wajah Presiden Joko Widodo. Namun kini, Roy menyampaikan permintaan maafnya.

Adapun meme tersebut diunggah oleh Roy melalui akun Twitter pribadinya, @KRMTRoySuryo2. "Sekali lagi untuk seluruh masyarakat Indonesia, saya mohon izin, saya mohon maaf kalau ini terjadi kegaduhan," ujar Roy di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (16/6).

Lebih lanjut, Roy mengklaim bahwa ia bukan lah orang yang pertama kali mengunggah meme tersebut. Menurutnya, unggahan tersebut bukan soal meme, melainkan terkait naiknya harga tiket masuk candi.

Selain itu, Roy juga menegaskan bahwa unggahan tersebut tidak bermaksud untuk menyinggung umat Buddha. Ia lantas berharap agar polemik tersebut tidak diperpanjang.


"Tidak ada kata-kata saya dalam posting-an itu yang menyentuh umat Buddha atau menyentuh agama," jelas Roy. "Tidak ada kata-kata saya di situ yang menyentuh seseorang, yang saya komentari di dalam posting-an itu adalah kreativitas netizen."

Di samping itu, Roy sendiri diketahui telah melaporkan kasus tersebut ke Polda Metro Jaya. Ia melaporkan 3 akun media sosial yang diduga mengedit stupa Candi Borobudur menyerupai wajah Jokowi tersebut.

Adapun laporan Roy itu telah diterima SPKT Polda Metro Jaya dengan Nomor LP/B/2970/VI/2022/SPKT/Polda Metro Jaya. Dalam laporan tersebut, diketahui ketiga akun yang tidak disebutkan identitasnya itu dilaporkan atas dugaan melanggar Pasal 28 Ayat 2 Jo Pasal 45 Ayat 2 UU ITE tentang Ujaran Kebencian.

Sebelumnya, tim kuasa hukum Roy Suryo, menilai bahwa unggahan meme stupa mirip Jokowi tersebut menjadi viral karena buzzer. Kuasa Hukum Roy, Pitra Romadoni bahkan meyakini ada pihak yang sengaja hendak memancing keributan.

Di sisi lain, Roy juga telah memberikan klarifikasi atas unggahan meme tersebut. Akan tetapi, unggahan tersebut menimbulkan kehebohan dan dinilai disalahartikan akibat penggiringan opini. Hingga akhirnya pihak Roy pun mengambil tindakan melalui jalur hukum.

(wk/tiar)


You can share this post!

Related Posts