Sempat Viral Tertawa Lepas di Klub Mercy, Roy Suryo Kini Resmi Ditahan Polisi
Nasional

Roy Suryo sendiri tampak keluar dari Gedung Ditreskrimum Polda Metro Jaya pada Jumat (5/8) malam sekitar pukul 21.34 WIB dan langsung digiring ke Gedung Direktorat Tahanan dan Barang Bukti Polda Metro Jaya.

WowKeren - Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo resmi ditahan polisi mulai Jumat (5/8) malam. Roy Suryo menjadi tersangka dugaan penistaan agama usai mengunggah meme stupa Candi Borobudur yang diedit mirip Presiden Joko Widodo.

"Setelah dilakukan pemeriksaan dari tadi siang maka penyidik memutuskan mulai malam ini terhadap Roy Suryo, laki-laki usia 52 tahun sebagai tersangka kasus ujaran kebencian. Dan mulai malam ini dilakukan penahanan," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Endra Zulpan, Jumat malam.

Roy Suryo sendiri tampak keluar dari Gedung Ditreskrimum Polda Metro Jaya sekitar pukul 21.34 WIB dan langsung digiring ke Gedung Direktorat Tahanan dan Barang Bukti Polda Metro Jaya. Zulpan mengungkapkan bahwa Roy Suryo akan ditahan selama 20 hari ke depan untuk keperluan penyidikan.

"Hal ini dilakukan karena ada kekhawatiran dari penyidik yang bersangkutan akan hilangkan barbuk (barang bukti) dan sebagainya," terang Zulpan. "Hal itu sebagaimana tertuang dalam pasal 21 ayat 1 Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP)."

Diketahui, Roy Suryo telah ditetapkan sebagai tersangka sejak 22 Juli 2022 lalu. Ia dijerat dengan Pasal 28 ayat (2) juncto Pasal 45 Undang-Undang (UU) Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), serta Pasal 156a Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tentang Penodaan Agama dan Pasal 15 UU Nomor 1 Tahun 1946.


Zulpan mengungkapkan ada sekitar 13 ahli yang dimintai keterangan sebelum Roy Suryo dinyatakan sebagai tersangka. Di antaranya tiga ahli bahasa dan tiga ahli agama.

"Kemudian selain ahli, kami juga memeriksa saksi-saksi lain. Ada delapan orang," tuturnya. "Setelah itu penyidik menaikkan status Roy Suryo sebagai tersangka."

Sebelum ditahan, video Roy Suryo yang tertawa lepas dalam kondisi masih menggunakan penopang leher viral di media sosial. Video itu diambil kala Roy Suryo menghadiri acara Mercedes-Benz SL Club Indonesia pada 31 Juli 2022 lalu.

Roy Suryo mengaku menghadiri acara tersebut untuk mengapresiasi salah satu anggota seniornya yang menggelar syukuran ulang tahun. Kala itu, Roy Suryo datang dengan didampingi asisten pribadi serta sopirnya. Ia pun mengaku masih dalam proses pemulihan kala menghadiri kegiatan tersebut.

Terkait tawa lepasnya yang viral, Roy Suryo mengatakan hal tersebut merupakan salah satu cara menghilangkan stres. Roy Suryo juga mengaku bahwa pada saat itu dirinya masih mengalami keterbatasan gerak.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts