Penuhi Stok Kurban, Ratusan Ekor Sapi BULS Sidrap Mendarat di Jakarta: Dijamin Terbebas PMK
Unsplash/Sandip Kalal
Nasional

Pemerintah saat ini tampaknya telah mulai menyiapkan pasokan hewan kurban. Mengingat saat ini Indonesia masih dilanda wabah PMK, pemerintah pun memastikan hewan kurban tersebut aman.

WowKeren - Menjelang Hari Raya Idul Adha, pemerintah tampaknya telah menyiapkan stok hewan kurban. Hal ini dapat dilihat dari kedatangan sebanyak 450 ekor sapi yang terjamin bebas dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Pelabuhan Tanjung Priok, Minggu (19/6).

Sapi tersebut diketahui milik PT Berdikari United Livestock (BULS) Sidrap, Sulawesi Selatan, yang diberangkatkan melalui Pare-Pare untuk memenuhi kebutuhan hewan menjelang Idul Adha di wilayah Jabodetabek dan Bandung Raya. Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi.

"Alhamdulillah pada sore hari ini (Minggu, 19/6), kita telah menerima sekitar 450 ekor sapi dari Sidrap ke Pare-pare. Ini luar biasa kolaborasi antara Kementerian dan Lembaga, dan juga BUMN," ujar Arief dalam keterangannya, dilihat Senin (20/6).

Adapun kementerian/lembaga yang dimaksud Arief adalah Kementerian Pertanian (Kementan), Kementerian Perhubungan (Kemenhub), dan juga pemerintah daerah Sulsel dan Jakarta. Ia mengatakan bahwa sapi tersebut diperuntukkan wilayah yang ada di Jabodetabek dan Bandung Raya.


Lebih lanjut, Arief mengatakan bahwa pemerintah telah memastikan sapi tersebut sebagai alternatif , yang satu sapi hidup dan kedua dalam bentuk frozen meat, baik daging sapi maupun kerbau.

Di samping itu, Arief menyampaikan bahwa pemerintah akan terus memasukkan sapi dari luar pulau Jawa atau zona hijau guna memenuhi kebutuhan daerah-daerah konsumen seperti yang ada di Jabodetabek dan Bandung Raya.

"Jadi ini akan terus menerus dilakukan, sebelumnya ada 260 ekor, 2300 ekor, hari ini dari Pare-pare 450 ekor, dan besok ada 530 ekor dari Bima," jelas Arief. "Jadi terus menerus kita masukkan sapi karena pada saat ini beberapa lokasi ada yang belum bebas PMK."

Kemudian Arief menambahkan bahwa Bapanas bersama dengan Kementan telah memastikan setiap stok yang masuk ke Jabodetabek dan sekitarnya sehat dan aman dikonsumsi, khususnya terbebas dari PMK.

Selain itu, Arief juga memastikan harga sapi menjelang Idul Adha nanti tidak mengalami lonjakan karena pemerintah telah menyediakan beragam pilihan, mulai dari frozen meat, hingga sapi hidup dari Australia.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait