Penduduk Desa di Kamboja Temukan Ikan Pari Seberat 300 Kg, Jadi Ikan Air Tawar Terbesar di Dunia
Pexels/Brian Mann
Dunia

Temuan ikan pari seberat 300 kg itu disebut menjadi ikan air tawar yang terberat di dunia. Hal ini lantas mengalahkan rekor ikan lele raksasa di Thailand seberat 293 kg.

WowKeren - Penduduk desa Kamboja, tepatnya sekitaran Sungai Mekong diketahui telah menangkap ikan pari. Namun di balik penangkapan ikan tersebut menjadi hal tak biasa. Pasalnya menurut para peneliti, ikan tersebut merupakan ikan tawar terbesar di dunia yang pernah tercatat.

Adapun ikan pari air tawar tersebut beratnya mencapai 300 kg dan dibawa oleh belasan orang untuk diangkut pantai. Ikan pari yang disebut sebagai Christened Boramy, yang berarti "bulan purnama" dalam bahasa Khmer karena bentuknya yang bulat.

Meski berhasil ditangkap, namun betina sepanjang empat meter itu dilepaskan kembali ke sungai setelah ditandai secara elektronik untuk memungkinkan para ilmuwan memantau gerakan dan perilakunya. Temuan ini pun disebut menjadi perhatian dunia.

"Ini adalah berita yang sangat menarik karena itu adalah ikan terbesar di dunia," ujar ahli biologi Zeb Hogan, mantan pembawa acara "Ikan Monster" di National Geographic Channel dan sekarang menjadi bagian dari proyek konservasi di sungai, dilansir pada Selasa (21/6).


"Ini juga berita yang menggembirakan karena berarti bentangan Sungai Mekong ini masih sehat.... Ini adalah tanda harapan bahwa ikan besar ini masih hidup (di sini)," lanjut Hogan.

Ikan Pari "Boramy" itu diketahui terjaring pada pekan lalu di Koh Preah, sebuah pulau di sepanjang bentangan Sungai Kamboja Utara. Tangkapan ini pun disebut berhasil meraih rekor dari ikan lele raksasa seberat 293 kg yang ditangkap di hulu Thailand Utara pada tahun 2005 silam.

Sungai Mekong itu sendiri disebut memiliki populasi ikan paling beragam ketiga di dunia. Hal ini menurut River Commision-nya, meskipun penangkapan ikan yang berlebihan, polusi, intrusi air asin, dan penipisan sedimen telah menyebabkan stok ikan menjadi merosot.

Dengan temuan ikan pari air tawar terberat di dunia itu diharapkan bisa menjadi pertanda positif bagi habitat perairan di tempat ditemukannya. Seperti yang disampaikan oleh Hogan, temuan ikan pari itu menandakan sungai tersebut sehat dan diharapkan ikan-ikan seperti itu masih hidup di perairan tersebut.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait