Afghanistan Dihantam Gempa Bumi Magnitudo 6,1, Ratusan Orang Meninggal Dunia
Dunia

Berita duka datang dari Afghanistan, di mana dilanda bencana gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,1 pada Rabu (22/6) pagi. Akibatnya, ratusan orang dinyatakan tewas.

WowKeren - Afghanistan dilanda bencana alam gempa bumi pada Rabu (22/6) pagi. Atas peristiwa ini, pihak berwenang mengatakan setidaknya ada 255 orang yang meninggal dunia.

Akan tetapi, informasi terkait dengan bencana alam tersebut masih belum bisa diakses secara keseluruhan. Gempa berkekuatan magnitudo 6,1 itu melanda provinsi Paktika. Akan tetapi disebutkan bahwa bencana alam datang kala komunitas internasional sebagian besar telah meninggalkan Afghanistan setelah Taliban mengambil alih kekuasaan di negara tersebut.

Hal itu lantas disebut memungkinkan akan mempersulit upaya bantuan apapun untuk negara berpenduduk 38 juta orang tersebut. Sementara itu, kantor berita Bakhtar yang dikelola pemerintah melaporkan jumlah korban tewas dan mengatakan tim penyelamat tiba dengan helikopter.

Sementara Direktur jenderal kantor berita, Abdul Wahid Rayan, menulis di Twitter bahwa 90 rumah telah hancur di Paktika dan puluhan orang diyakini terperangkap di bawah reruntuhan.

Berdasarkan rekaman dari provinsi Paktika dekat perbatasan Pakistan menunjukkan para korban dibawa ke helikopter untuk diterbangkan dari daerah tersebut. Lalu gambar-gambar yang beredar luas secara online dari provinsi tersebut menunjukkan rumah-rumah batu yang hancur, dengan penduduk mengambil batu bata tanah liat dan puing-puing lainnya.


Selain itu, Bakhtar juga mengunggah rekaman seorang penduduk yang menerima cairan infus dari kursi plastik di luar puing-puing rumahnya dan yang lainnya tergeletak di atas brankar.

"Gempa bumi dahsyat mengguncang empat distrik di provinsi Paktika, menewaskan dan melukai ratusan warga negara kami dan menghancurkan puluhan rumah," ujar Bilal Karimi selaku Wakil Juru Bicara pemerintah Taliban, menulis secara terpisah di Twitter, dilihat Rabu (22/6). "Kami mendesak semua lembaga bantuan untuk mengirim tim ke daerah itu segera untuk mencegah bencana lebih lanjut."

Rayan kemudian mengungkapkan bahwa di provinsi tetangga Khost, pihak berwenang yakin ada puluhan orang yang terluka dan tewas dalam gempa juga.

Terkait dengan bencana alam tersebut, Departemen Meteorologi Pakistan yang bertetangga menempatkan gempa berkekuatan 6,1 SR. Kemudian getaran juga terasa di ibu kota Pakistan, Islamabad, dan di tempat lain seperti provinsi Punjab timur.

Lalu Taimoor Khan selaku Juru Bicara Manajemen Bencana di daerah itu mendapat laporan bahwa beberapa daerah terpencil di Pakistan mengalami kerusakan rumah di dekat perbatasan Afghanistan, tetapi tidak segera jelas apakah itu karena hujan atau gempa.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru