Pesawat yang Ditumpangi Jokowi Berputar di Atas Wilayah Turki dan Irak, Dipastikan Aman
presidenri.go.id
Nasional

Presiden Jokowi bertolak ke Eropa pada Minggu (26/6) kemarin. Akan tetapi pada Senin (27/6) siang ini, tampak pesawat yang ditumpanginya berputar 360 derajat di atas wilayah udara Turki dan Irak.

WowKeren - Presiden Joko Widodo pada Minggu (26/6) kemarin, diketahui telah bertolak ke Eropa dengan membawa misi perdamaian untuk Ukraina dan Rusia. Adapun pesawat yang membawa terbang Jokowi ke Eropa adalah Garuda Indonesia GIA-1.

Akan tetapi, pesawat yang ditumpangi Jokowi untuk terbang ke Jerman, Ukraina, dan Rusia itu tampak memutar 360 derajat di atas wilayah udara Turki dan Irak. Hal ini diketahui berdasarkan pantauan situs pelacak penerbangan Flightradar 24 pada Senin (27/6) siang tadi.

Atas hal tersebut, Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra memastikan bahwa pesawat yang ditumpangi oleh Jokowi itu dalam keadaan aman meskipun berputar 360 derajat. Irfan pun membantah bahwa hal tersebut terjadi karena ada gangguan keamanan. Ia menegaskan tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan.

"Enggaklah (terkait masalah keamanan), aman kok. Don't worry," tutur Irfan kepada CNNIndonesia.com, Senin (27/6).


Irfan menerangkan bahwa pesawat Garuda Indonesia GIA-1 berputar 360 derajat itu untuk menunggu giliran mendarat. Ia mengungkapkan terjadi antrean pada saat kedatangan para delegasi yang akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7.

"Membuat orbit holding untuk menyesuaikan waktu ketibaan di Munich agar tidak bersamaan dengan delegasi yang lain," jelas Irfan.

Terkait dengan peristiwa tersebut, pihak Istana diketahui belum memberikan keterangan resmi. Di samping itu, Komandan Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) Mayjen Tri Budi Utama pun enggan menanggapi hal tersebut. "Sementara semua akan disampaikan melalui media resmi Istana," jelas Tri.

Sebelumnya, pesawat yang membawa Jokowi itu tampak berputar 360 derajat. Hal ini diketahui terjadi tidak lama setelah pesawat memasuki wilayah Turki pada pukul 12.46 UTC atau 19.46 WIB.

Seperti yang diketahui, Jokowi bertolak dari Jakarta menuju Berlin, Jerman pada Minggu (26/6) kemarin. Adapun Jokowi berkunjung ke Jerman untuk menghadiri KTT G7. Kemudian akan menjalani misi perdamaian ke Ukraina dan Rusia.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait