Bulgaria Umumkan Pengusiran Massal 70 Diplomat Rusia
pixabay.com/Ilustrasi/sapviktor
Dunia

Pengumuman itu disampaikan oleh kementerian luar negeri dan perdana menteri yang akan keluar, yang merupakan pengusiran diplomat Rusia terbesar Bulgaria dalam beberapa tahun terakhir.

WowKeren - Bulgaria telah mengumumkan akan melakukan pengusiran secara massal terhadap para staf diplomatik Rusia. Sebanyak 70 diplomat akan diusir dari negara Balkan tersebut.

Pengumuman tersebut diumumkan oleh kementerian luar negeri dan perdana menteri yang akan keluar, yang merupakan pengusiran diplomat Rusia terbesar oleh Sofia dalam beberapa tahun terakhir dan lebih dari setengah ukuran jejak diplomatik Moskow di negara Balkan. Perdana Menteri Kiril Petkov pada Selasa (28/6) mengatakan jika para diplomat itu memiliki kepentingan yang berlawanan dengan pemerintahnya.

"Bulgaria akan mengusir 70 diplomat Rusia," katanya kepada wartawan. "Layanan kami mengidentifikasi mereka sebagai orang-orang yang bekerja melawan kepentingan kami."

Petkov menegaskan bahwa siapa pun yang memiliki kepentingan yang berlawanan dengan negaranya, maka akan menanggung konsekuensinya. "Setiap orang yang bekerja melawan kepentingan Bulgaria akan dipanggil untuk kembali ke negara mereka. Kami mengharapkan pesawat 70 kursi penuh untuk terbang kembali ke Moskow," ujarnya melanjutkan.


Para diplomat itu telah diidentifikasi sebagai ancaman terhadap keamanan nasional, dan harus angkat kaki dari Bulgaria sebelum 3 Juli.

Sebagaimana diketahui, sejumlah negara Eropa telah mengusir diplomat Rusia menyusul serangan Moskow ke Ukraina pada 24 Februari. Tak mau kalah, Rusia menanggapi dengan cara yang sama dengan mengusir diplomat Eropa. Kementerian luar negeri Bulgaria mengatakan telah memanggil duta besar Rusia Eleonora Mitrofanova untuk menginformasikan keputusan itu.

Tak hanya mengusir para diplomat, Bulgaria juga mengharapkan Rusia untuk menutup sementara konsulat jenderalnya di Ruse di Bulgaria utara. Sebaliknya, Bulgaria akan menutup sementara konsulatnya di kota Yekaterinburg Rusia.

Sebelumnya, Bulgaria telah mengusir 10 diplomat Rusia pada Maret sebagai respons terkait perang di Ukraina. Meskipun merupakan anggota UE dan NATO, Bulgaria pernah menjadi sekutu setia Uni Soviet di bawah komunisme dan masih memiliki hubungan budaya, sejarah, dan ekonomi yang erat dengan Rusia. Namun, serangkaian skandal spionase sejak 2019 telah memperburuk hubungan kedua negara.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru