Selesai Kunjungi Ukraina, Jokowi Langsung Bertolak ke Rusia Untuk Temui Presiden Vladimir Putin
Twitter/jokowi
Nasional
Jokowi Kunjungi Ukraina dan Rusia

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Jokowi terbang ke Moskow, Rusia, dari Bandar Udara Internasional Rzeszow-Jasionka, Polandia, pada Kamis (30/6) pagi ini.

WowKeren - Presiden Joko Widodo masih melanjutkan kunjungan kerjanya di Eropa. Setelah menemui Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Kyiv, Jokowi melanjutkan perjalanan ke Rusia melewati Polandia.

Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi bertolak dari Ukraina ke Polandia dengan menggunakan Kereta Luar Biasa (KLB) pada Rabu (29/6) malam. Setelah menempuh perjalanan selama 11 jam, Jokowi dan Iriana tiba di Stasiun Przemysl Glowny di kota Przemysl, Polandia, pada Kamis (30/6) pagi sekitar pukul 06.30 waktu setempat.

Dari stasiun, rombongan Presiden langsung menuju Bandar Udara Internasional Rzeszow-Jasionka, Polandia dan langsung bertolak menuju ke Bandara Vnukovo II di Moskow, Rusia. Penerbangan dilakukan dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia GIA-1 sekitar pukul 09.00 waktu setempat.

Jokowi dijadwalkan mengadakan pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Kremlin pada Kamis siang waktu setempat. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung turut mendampingi Jokowi dan Iriana dalam penerbangan ke Moskow tersebut.


Kala mengadakan pertemuan dengan Presiden Zelenskyy, Jokowi sempat menyampaikan bahwa kunjungannya ke Ukraina merupakan perwujudan kepedulian masyarakat Indonesia untuk Ukraina. Selain itu, Presiden Jokowi juga menegaskan posisi Indonesia mengenai pentingnya penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah. Meskipun masih sangat sulit dicapai, Presiden Jokowi juga tetap menyampaikan pentingnya penyelesaian damai dan mengatakan bahwa spirit perdamaian tidak boleh pernah luntur.

Jokowi bahkan menawarkan kepada Zelensky untuk menjadi pembawa pesan ke Putin. "Dalam kaitan ini, saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelensky untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi segera," ujar Jokowi saat menyampaikan pernyataan pers bersama Presiden Zelenskyy selepas pertemuan.

Sementara itu, Zelenskyy memberikan pujian kepada Jokowi yang merupakan pemimpin Asia pertama yang berkunjung ke Ukraina demi perdamaian. Ia pun mendorong kerjasama Ukraina-Indonesia dalam upaya rekonstruksi usai perang.

"Terima kasih atas kehadiran Presiden Jokowi yang merupakan kunjungan pertama pemimpin Asia sejak invasi melanda Ukraina. Saya juga mengundang kalangan usaha Indonesia untuk berpartisipasi dalam rekonstruksi Ukraina pasca perang," tutur Zelenskyy.

(wk/Bert)

You can share this post!

Artikel Terkait