Jokowi Sudah Sampaikan Pesan Zelensky ke Putin, Sebut Siap Jembatani Komunikasi Rusia-Ukraina
presidenri.go.id/Laily Rachev
Nasional

Jokowi akhirnya bertemu dengan Presiden Vladimir Putin di Rusia untuk misi perdamaian. Dalam kesempatan itu, Jokowi pun turut menyampaikan pesan dari Zelensky untuk Putin.

WowKeren - Presiden Joko Widodo telah menyelesaikan kunjungannya ke Ukraina dan Rusia. Dalam dua kunjungannya itu, Presiden Jokowi diketahui membawa misi perdamaian. Hal itu kembali ditegaskan Jokowi saat kunjungannya ke Rusia.

Presiden Joko Widodo mengatakan, konstitusi Indonesia mengamanatkan agar Indonesia selalu berusaha berkontribusi bagi terciptanya perdamaian dunia. Hal itu disampaikan Presiden saat bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin, Kamis, (30/6).

"Isu perdamaian dan kemanusiaan selalu menjadi prioritas politik luar negeri Indonesia. Dalam konteks inilah, saya lakukan kunjungan ke Kyiv dan Moskow," kata Jokowi saat menyampaikan keterangan pers bersama dengan Presiden Putin.

Jokowi menyebut, meskipun situasi saat ini masih sangat sulit, namun penyelesaian damai penting untuk terus dikedepankan dan juga ruang-ruang dialog terus dibuka. Jokowi juga menyampaikan bahwa pesan yang ia bawa dari Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky sudah tersampaikan pada Vladimir Putin. Jokowi juga menyatakan kesiapan Indonesia untuk menjembatani komunikasi Rusia dan Ukraina yang masih berkonflik hingga kini.


“Saya telah sampaikan pesan Presiden Zelensky untuk Presiden Putin dan saya sampaikan kesiapan saya untuk menjadi jembatan komunikasi antara dua pemimpin tersebut,” ungkap Presiden Jokowi.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi sebelumnya telah bertemu dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, di Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina, pada Rabu, (29/6). Dalam kunjungan kenegaraan tersebut, Jokowi menyampaikan bahwa kedatangannya ke Ukraina merupakan perwujudan kepedulian masyarakat Indonesia untuk Ukraina.

"Saya sampaikan ke Presiden Zelenskyy bahwa kunjungan ini saya lakukan sebagai manifestasi kepedulian Indonesia terhadap situasi di Ukraina," ujar Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi juga menegaskan posisi Indonesia mengenai pentingnya penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah. Meskipun masih sangat sulit dicapai, Presiden tetap menyampaikan pentingnya penyelesaian damai dan mengatakan bahwa spirit perdamaian tidak boleh pernah luntur. Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menawarkan diri untuk membawa pesan dari Zelensky untuk Putin.

"Dalam kaitan ini, saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelenskyy untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi segera," pungkas Presiden Jokowi.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru