4 TKA Cina Diculik Sementara Para 'Personel Keamanan' Tewas dalam Penyerangan Tambang di Nigeria
Dunia

Kelompok bersenjata menyerang lokasi penambangan di wilayah Shiroro di negara bagian Niger pada Rabu (29/6) sore. Dalam penyerangan tersebut, 4 orang pekerja asing asal Cina ikut diculik.

WowKeren - Kamis (30/6), pihak berwenang melaporkan orang-orang bersenjata menyerang lokasi pertambangan lokal di Nigeria tengah. Menewaskan "banyak personel keamanan" dan menculik beberapa pekerja termasuk empat warga negara Cina.

Komisaris Negara untuk Keamanan Dalam Negeri, Emmanuel Umar mengatakan pasukan keamanan telah menanggapi panggilan darurat yang datang pada hari Rabu setelah orang-orang bersenjata menyerbu sebuah lokasi pertambangan di desa Ajata Aboki di daerah Shiroro negara bagian Niger.

“Akibatnya, tim keamanan gabungan terlibat teroris dan belum dapat ditentukan jumlah korban dari kedua belah pihak. Namun, belum dapat dipastikan jumlah pekerja di lokasi penambangan, termasuk empat warga negara China, dilaporkan telah diculik,” kata Umar dalam sebuah pernyataan.

Pihak berwenang tidak mengungkapkan nama perusahaan tersebut, yang terakhir terkena dampak serangan yang menargetkan orang asing selama bertahun-tahun di Nigeria meskipun tidak sesering dulu. Sebelumnya, tiga warga negara Cina juga diculik dalam serangan serupa di negara bagian Niger awal tahun ini saat bekerja di pembangkit listrik tenaga air.


Pada bulan November, pihak berwenang Cina mengeluarkan peringatan perjalanan. Memperingatkan warga dan perusahaan mereka agar tidak bepergian ke daerah "berisiko tinggi" di Nigeria dan bagian lain Afrika.

Serangan yang terjadi pada hari Rabu adalah insiden terbaru dalam siklus kekerasan yang telah menewaskan ratusan orang dalam satu tahun terakhir. Strategi penculikan-untuk-tebusan yang berkembang juga telah membuat lebih banyak korban ditahan selama berbulan-bulan, termasuk lusinan yang diculik dalam serangan kereta api di dekat ibu kota pada bulan Maret.

Sementara sebagian besar serangan terjadi di wilayah barat laut, mereka secara bertahap merembes ke Nigeria tengah. Negara Bagian Niger, yang terbesar dari tiga puluh enam negara bagian di negara itu berdasarkan luas daratan, terletak di sebelah Abuja, ibu kota federal.

Kekerasan telah disalahkan pada bandit bersenjata yang sekarang diyakini pihak berwenang bekerja dengan faksi Boko Haram dari timur laut negara itu, dalam menargetkan komunitas terpencil. Pasukan keamanan Nigeria yang kewalahan juga telah memerangi Boko Haram dalam konflik 13 tahun di mana 40 ribu orang tewas dan 2,2 juta lainnya mengungsi sejak 2009.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru