2 Turis Asal Austria dan Rumania Tewas Diserang Hiu Saat Berenang di Laut Merah Mesir
Pixabay/baechi
Dunia

Pejabat setempat pun memerintahkan penutupan sementara pantai di daerah tersebut usai peristiwa tewasnya turis akibat serangan hiu. Diketahui serangan hiu di Pantai Merah sudah beberapa kali terjadi.

WowKeren - Dua turis wanita asal Austria dan Rumania, tewas dalam serangan hiu minggu ini di lepas pantai Mesir. Kabar itu pun dikonfirmasi kementerian lingkungan Mesir dan kementerian luar negeri masing-masing wisatawan pada Minggu (3/7).

"Dua wanita diserang oleh hiu saat berenang" di daerah Sahl Hashesh di selatan Hurghada di Laut Merah, kata kementerian Mesir hari Minggu di Facebook, melansir Malaymail.com. Keterangan itu juga melaporkan bahwa keduanya tewas.

Kantor berita Austria, APA mengatakan salah satu dari wanita itu berusia 68 tahun dari wilayah Tyrol di negara itu yang sedang berlibur di Mesir. Kementerian luar negeri Austria mengkonfirmasi kepada AFP hari Minggu "kematian seorang warga negara Austria di Mesir", tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Mengutip informasi yang diterima dari pihak berwenang Mesir, kementerian luar negeri Rumania mengkonfirmasi kepada AFP pada hari Minggu "kematian seorang warga negara Rumania" yang "tampaknya" disebabkan oleh "serangan hiu" di lepas pantai Hurghada.

Sementara itu, Gubernur Laut Merah Amr Hanafi pada hari Jumat memerintahkan penutupan semua pantai di daerah itu selama tiga hari setelah "seorang turis Austria lengan kirinya robek, tampaknya karena serangan hiu".


Saat ini satuan tugas sedang bekerja untuk "mengidentifikasi penyebab ilmiah dan keadaan serangan itu" dan menentukan "alasan di balik perilaku hiu yang mengakibatkan insiden itu", kata kementerian lingkungan pada hari Minggu.

Laut Merah diketahui merupakan salah satu destinasi wisata populer. Sementara hiu biasa ditemukan tetapi jarang menyerang orang yang berenang dalam batas yang diizinkan.

Pada tahun 2018, seorang turis Ceko terbunuh oleh hiu di lepas pantai Laut Merah. Serangan serupa menewaskan seorang turis Jerman pada tahun 2015. Pada tahun 2010, serentetan lima serangan dalam lima hari yang tidak biasa di dekat pantai tempat wisata Sharm el-Sheikh menewaskan satu orang Jerman dan melukai empat turis asing lainnya.

Mesir saat ini sedang berjuang untuk mengatasi kenaikan inflasi dan pelemahan mata uang. Negara ini sangat bergantung pada pendapatan pariwisata dari Laut Merah, yang menyumbang sekitar 65 persen turis yang mengunjungi negara itu.

Industri pariwisata telah dihantam oleh pukulan berturut-turut selama dekade terakhir. Termasuk pemberontakan negara itu tahun 2011, kerusuhan berikutnya dan pandemi virus Corona.

(wk/amel)


You can share this post!

Related Posts