Ekspor Durian Malaysia Terancam Mandek Imbas Krisis Nitrogen Cair
pixabay.com/Ilustrasi
Dunia

Di Malaysia, hanya ada tiga perusahaan yang menyediakan nitrogen cair. Pasokan yang terbatas, bukan tidak mungkin akan membawa Malaysia pada krisis ekspor durian.

WowKeren - Durian, telah menjadi salah satu buah yang banyak digemari. Baunya yang khas dengan daging buah yang enak membuat para penggemarnya rela merogoh kocek yang dalam demi bisa menikmatinya.

Namun, ekspor durian dari Malaysia terancam berhenti buntut permintaan yang tinggi ditambah dengan pasokan nitrogen cair yang terbatas. The Malaysian Insight melaporkan jika ekspor yang terganggu terutama yang ditujukan ke Tiongkok, sehingga mengganggu pendapatan bagi produsen lokal.

Mengutip pendiri Duricious Sdn Bhd Simon Chin, portal berita itu melaporkan bahwa semakin banyak pengusaha Malaysia yang ikut-ikutan mengekspor durian. Hal ini mendorong ke output yang lebih tinggi dari pertanian dan serta meningkatnya kebutuhan nitrogen cair untuk membekukan durian.

Sedangkan di Malaysia, hanya ada tiga perusahaan yang menyediakan nitrogen cair. Pasokan yang terbatas, bukan tidak mungkin akan membawa Malaysia pada krisis ekspor durian.


"Banyak pabrik pengolahan durian yang meningkatkan permintaan nitrogen cair. Namun, hanya ada tiga perusahaan yang memproduksi nitrogen cair di Malaysia, dan pasokannya terbatas," kata Chin. "Jika masalah ini tidak bisa diselesaikan tahun ini, bisa menjadi krisis bagi ekspor durian."

Nitrogen sangat berperan penting dalam proses ekspor durian. Malaysia hanya dapat mengekspor durian utuh ke Tiongkok jika buah itu dibekukan terlebih dahulu. Eksportir menggunakan nitrogen cair untuk membekukan durian untuk mempertahankan rasa dan tekstur buah agar tidak cepat rusak.

Chin mengatakan bahwa harga nitrogen cair telah berlipat ganda dan pabrik pengolahan durian tidak menerima jumlah sesuai pesanan mereka. "Kami mencari pabrik yang masih memiliki nitrogen cair dan membelinya dengan harga tinggi. Bahkan ada yang dari Singapura, tapi ini tidak berkelanjutan karena harganya terlalu tinggi," katanya seperti dikutip.

Sebab sebelum meningkatkan produksi, pemasok nitrogen cair juga harus mendapatkan persetujuan terlebih dahulu dari pihak berwenang. Eksportir lain, James Wong dari Pochi Durian Trading Sdn Bhd, mengatakan ia kehabisan nitrogen cair dan berjuang untuk menemukan pemasok. "Tanpa itu, kami tidak bisa menangani pemrosesan durian beku. Ini pasti akan mempengaruhi ekspor di masa depan," katanya.

(wk/zodi)


You can share this post!

Related Posts