Joe Biden Mengutuk Penembakan yang Terjadi Saat Parade Hari Kemerdekaan Amerika
Dunia

Insiden penembakan belakangan memang kerap terjadi di AS. Akan tetapi, pada insiden penembakan kali ini benar-benar di luar nalar, di mana terjadi pada saat warga AS merayakan parade Hari Kemerdekaan Amerika.

WowKeren - Sebuah peristiwa penembakan lagi-lagi terjadi di Amerika Serikat (AS). Namun pada penembakan kali ini benar-benar keterlaluan, pasalnya terjadi saat perayaan Hari Kemerdekaan Amerika yakni 4 Juli 2022.

Atas insiden penembakan tersebut, setidaknya lima orang dilaporkan tewas pada parade Hari Kemerdekaan di pinggiran Chicago. Hal ini lantas mengganggu perayaan pada Senin (4/7), di seluruh AS, dan selanjutnya mengguncang negara yang sudah dibanjiri kekacauan atas putusan pengadilan tinggi tentang aborsi dan senjata serta sidang pada pemberontakan 6 Januari.

Melansir The Associated Press, polisi mengatakan ada 19 orang juga dirawat di rumah sakit setelah penembakan di Highland Park. Adapun kronologi singkat kejadian penembakan adalah bermula saat acara dimulai sekitar pukul 10 pagi, tapi kemudian secara tiba-tiba dihentikan 10 menit kemudian setelah tembakan dilepaskan.

Di antara ratusan penonton parade pun tampak beberapa berlumuran darah. Kemudian melarikan diri dari rute parade, meninggalkan kursi, kereta bayi, dan selimut.


Atas insiden penembakan tersebut, Presiden AS Joe Biden lantas mengutuk "kekerasan senjata yang tidak masuk akal" yang menewaskan enam orang di Illinois menjelang pesta barbekyu 4 Juli di Gedung Putih pada Senin (4/7). "Ada penembak seperti yang Anda ketahui di Highland Park di Chicago," ujar Biden kepada kerumunan yang berkumpul di South Lawn, dilansir melalui UPI, Selasa (5/7).

"Saya sudah berbicara dengan gubernur dan walikota dan kami memberikan semua bantuan yang bisa kami berikan," lanjut Biden. "Kami memiliki lebih banyak pekerjaan yang harus dilakukan, kami harus mengendalikan ini."

Sebagai informasi, Biden dan istrinya Jill Biden menjadi tuan rumah barbekyu untuk keluarga militer Edisi tahunan ke-42. Acara ini ditutup dengan pertunjukan kembang api tradisional di Washington, DC.

"Jill dan saya terkejut dengan kekerasan senjata yang tidak masuk akal yang sekali lagi membawa kesedihan bagi komunitas Amerika pada Hari Kemerdekaan ini," ungkap Biden.

"Seperti biasa, kami berterima kasih atas responden pertama dan penegak hukum di tempat kejadian. Saya telah berbicara dengan Gubernur (Illinois) Pritzker dan Walikota (Highland Park) Rotering, dan telah menawarkan dukungan penuh dari pemerintah Federal kepada komunitas mereka."

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru