Respons Ganjar Pranowo Soal Disebut-sebut Bakal Isi Kursi MenPAN-RB Gantikan Mendiang Tjahjo Kumolo
Instagram/ganjar_pranowo
Nasional

Selepas kepergian mendiang Tjahjo Kumolo untuk selama-lamanya, posisi MenPAN-RB pun menjadi kosong. Nama Gubernur Jateng Ganjar Pranowo pun digadang-gadang bakal menggantikan Tjahjo.

WowKeren - Posisi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) hingga saat ini diketahui masih kosong, setelah Tjahjo Kumolo meninggal dunia. Sebelumnya, Presiden Joko Widodo disebut telah mengantongi nama yang bakal mengisi jabatan MenPAN-RB.

Sementara itu, nama Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo muncul dan disebut-sebut akan menduduki posisi sebagai MenPAN-RB menggantikan mendiang Tjahjo. Atas hal ini, Ganjar pun memberikan tanggapannya.

Ganjar mengaku bahwa saat ini pihaknya ingin fokus terlebih dahulu di Jateng. "Di Jateng saja, saya beresin Jawa Tengah dulu," ujar Ganjar setelah mengikuti pembukaan Pesonas 2022 di Holy Stadium, Semarang, Senin (4/7).

Sebelumnya, nama Ganjar Pranowo muncul dari lontaran Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat. Djarot menilai bahwa Ganjar merupakan salah satu kader PDIP yang bisa menggantikan mendiang Tjahjo di Kabinet Indonesia Maju saat ini.


Meski begitu, Djarot mengatakan bahwa pemilihan sosok yang akan menggantikan mendiang Tjahjo sebagai MenPABN-RB itu merupakan hak Presiden Joko Widodo. Ia lantas menyampaikan apabila Jokowi ingin mengisi posisi tersebut tetap dari kader PDIP, menurutnya, Megawati Soekarnoputri selaku Ketua Umum (Ketum) PDIP pun akan memberikan penugasan kepada kader.

"Ya, itu bergantung Pak Jokowi juga, Ketum untuk penugasan, sifatnya penugasan," jelas Djarot di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, dilihat pada Selasa (5/7). "Kalau you tanya apakah PDIP ada kader? Banyak. Artinya apa, mereka-mereka ini kan harus sudah memahami, sudah punya pengalaman di dalam tata kelola pemerintahan."

Selain Ganjar Pranowo, Djarot diketahui juga menyebut nama-nama lain yang dinilainya mumpuni untuk menggantikan mendiang Tjahjo sebagai MenPAN-RB. Mereka adalah Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan Wakil Ketua MPR Fraksi PDIP Ahmad Basarah.

Seperti yang diketahui, sebelum akhirnya meninggal dunia, mendiang Tjahjo Kumolo sempat dirawat di rumah sakit, berjuang melawan penyakit yang dideritanya. Namun pada akhirnya, takdir berkata lain, Tjahjo Kumolo dinyatakan meninggal dunia pada Jumat (17/) lalu.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait