Pemkot Ternate Putuskan Laksanakan Idul Adha 9 Juli 2022, NU Maluku Utara Respons Begini
Pexel/Kafeel Ahmed
Nasional
Idul Adha 2022

Berbeda dengan keputusan Kemenag, Pemkot Ternate akan melaksanakan Idul Adha 1443 H pada 9 Juli 2022. NU Maluku Utara pun menyebut bakal mempertanyakan keputusan itu pada pihak Pemkot.

WowKeren - Lewat hasil sidang isbat, pemerintah melalui Kementerian Agama telah mengumumkan bahwa Hari Raya Idul Adha 1443 jatuh pada 10 Juli 2022. Namun, Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate dikabarkan akan melaksanakan Idul Adha pada Sabtu (9/7) mendatang, berbeda dengan hasil sidang isbat Kemenag.

Panitia Hari Besar Islam (PHBI) bersama Pemerintah Kota Ternate memutuskan untuk menggelar Idul Adha pada 9 Juli 2022. Kabar itu pun segera ditanggapi oleh NU (Nahdlatul Ulama) Maluku Utara. NU Maluku Utara menyebut akan mempertanyakan keputusan tersebut ke pihak Pemkot.

"Kami dapat informasi Pemkot bersama PHBI menetapkan tanggal pelaksanaan salat Iduladha 1443 H pada 9 Juli 2022, meskipun belum menyampaikan edaran kepada Umat Islam, tetapi NU akan pertanyakan keputusan yang tidak sama dengan penetapan Pemerintah Pusat," ujar Ketua NU Malut, Amar Manaf, Selasa (5/7), melansir Antara.

Sesuai undangan Wali Kota Ternate, hari ini, Selasa (5/7) akan dilaksanakan rapat dengan berbagai elemen umat Islam Kota Ternate untuk mempertegas keputusan Pemerintah RI yang menetapkan hari raya Idul Adha jatuh pada Minggu, 10 Juli 2022. Meski begitu, Amar Manaf menegaskan pihaknya akan tetap menghormati kelompok lain yang melaksanakan Idul Adha pada 9 Juli 2022.


"Sekalipun pemerintah sudah menetapkan pelaksanaan Salat Idul Adha, namun kalau ada kelompok umat Islam yang berbeda kami tetap menghargai perbedaan tersebut," ungkapnya.

Sebelumnya diketahui bahwa Pemkot Ternate melalui rapat koordinasi dengan Kemenag Ternate, MUI, dan PHBI Ternate telah menetapkan pelaksanaan salat Iduladha 1443 Hijriah, jatuh pada Sabtu (9/7). Keputusan itu juga menetapkan bahwa tempat pelaksanaan salat yaitu di Stadion Gelora Kieraha Ternate.

Sementara itu, Wakil Ketua PHBI Kota Ternate, Hidayatussalam membenarkan mengenai informasi tersebut saat dikonfirmasi secara terpisah. Ia menyebut pihaknya telah melakukan rapat bersama Pemkot Ternate, MUI, Kemenag Kota Ternate dan pengurus Masjid Raya Al-Munawwar memutuskan pelaksanaan salat Idul Adha pada 9 Juli 2022.

"Kendati demikian, kami tidak akan melarang jika masjid yang tersebar di Kota Ternate melaksanakan salat Idul Adha pada 10 Juli 2022," pungkas Hidayatussalam.

(wk/amel)


You can share this post!

Related Posts