Puan Maharani Ungkap Selalu Diberi Jamu Oleh Megawati, Pernah Mandi Brotowali Saat Hamil
Instagram/puanmaharaniri
Nasional

Puan Maharani berbagi cerita mengenai kebiasaannya yang rajin mengonsumsi jamu seperti ajaran sang ibu, Megawati Soekarnoputri. Termasuk pengalaman mandi brotowali saat menderita gatal-gatal semasa hamil.

WowKeren - Jamu merupakan salah satu warisan budaya nenek moyang bangsa suku Jawa. Hingga kini, jamu juga masih dikonsumsi dan memiliki pasarnya tersendiri. Ketua DPR RI, Puan Maharani rupanya juga merupakan salah satu orang yang masih rajin mengonsumsi jamu.

Memiliki darah Jawa, Puan rupanya diajari untuk rajin mengonsumsi jamu sejak dulu oleh sang ibu, Megawati Soekarnoputri. Puan pun diberi tahu bahwa manfaat konsumsi jamu secara teratur bakal ia rasakan saat usia 40 tahun ke atas.

"Sebagai perempuan Jawa yang setengah Sumatera ibu itu selalu ngasih saya jamu termasuk brotowali tapi ya tak telen, nanti Puan kamu tuh hasilnya sesudah umur 40 kalau minum jamu jamuan," ungkap Puan Maharani dalam acara konsolidasi DPC PDIP Banyumas, Jawa Tengah, pada Selasa (5/7) kemarin, melansir Merdeka.com.

Hingga kini Puan pun turut merasakan manfaat dari mengonsumsi jamu secara rutin. Karena itu, ia merasa sangat perlu bagi perempuan untuk mengonsumsi jamu.


Puan pun lantas menceritakan pengalamannya mengkonsumsi jamu brotowali. Jamu brotowali itu salah satunya dikonsumsi puan saat dirinya tengah dalam kondisi hamil dan menderita sakit gatal-gatal. Karena tak bisa mengonsumsi obat kimia secara sembarangan saat hamil, Megawati pun menyuruh Puan untuk memakai jamu brotowali.

"Perempuan itu harus minum jamu ya, harus ya itu, jadi saya kalau dikasih jamu apa aja, brotowali, bahkan dulu itu saya waktu mengandung hamil sempat gatal-gatal dan gatal-gatal kalau hamil itu enggak boleh pakai obat," tutur Puan Maharani.

"Katanya obatnya itu bisa meracuni dalam tanda kutip ke janin, bener enggak? tahu enggak? Kan enggak boleh sembarangan pakai obat, minum obat jadi saya mendingan pakai brotowali," sambung Puan.

Bukan dikonsumi, jamu brotowali tersebut rupanya dipakai untuk mandi oleh Puan Maharani. Hal itu untuk menghilangkan sakit gatal-gatal yang ia rasakan saat hamil. Puan pun tak menampik jika jamu tersebut sebenarnya memiliki aroma dan rasa yang tidak sedap.

"Bayangin mandinya pakai brotowali katanya supaya hilangin gatal karena itu pahitnya minta ampun, pahit banget dan baunya itu enggak enak," pungkasnya.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait