'Delicacies Destiny' Dituding Plagiat Drakor 'A Jewel in The Palace', Media Tiongkok Beri Respons
TV

Setelah ramai dugaan 'Delicacies Destiny' plagiat drakor legendaris 'A Jewel in The Palace' atau 'Dae Jang Geum', media Tiongkok akhirnya memberikan respons yang cukup menohok.

WowKeren - Beberapa waktu lalu, drama asal Tiongkok "Delicacies Destiny" telah dituding meniru drakor "A Jewel in the Palace" atau yang juga dikenal dengan "Dae Jang Geum". Menanggapi kehebohan tersebut, media Tiongkok pun mengeluarkan pernyataan.

Pada 7 Juli, The Global Times yang merupakan versi berbahasa Inggris dari media pemerintah Tiongkok Hwanggu Times membuat artikel berbunyi, "Drama Tiongkok 'Delicacies Destiny' menyebabkan kontroversi plagiarisme di kalangan netizen Korea.

Media tersebut memberikan bernyataan bahwa pertukaran budaya Korea dan Tiongkok sudah berlangsung lama menurut para ahli. Bahkan mereka secara blak-blakan meminta netizen Korea lebih terbuka dalam melihatnya.

"Para ahli Tiongkok mengatakan pertukaran budaya Korea dan Tiongkok telah dimulai sejak zaman kuno, jadi kita harus menghormati dan melihatnya dengan sudut pandang yang lebih terbuka," kata The Global Times.


\'Delicacies Destiny\' Dituding Plagiat Drakor \'A Jewel in The Palace\', Media Tiongkok Beri Respons

Source: KBizoom

"Delicacies Destiny" sendiri menceritakan tentang wanita yang masuk ke istana dengan membawa ambisi menjadi koki terbaik di seluruh dunia. Ternyata masakannya membuatnya dicintai putra mahkota.

Tak hanya mirip dari segi alur cerita, drama tersebut juga dicurigai telah melakukan plagiat elemen-elemen "A Jewel in the Palace". Penggunaan busana mirip hanbok pun menjadi sorotan netizen Korea.

Selain itu, adegan membungkus potongan daging perut babi dengan sayuran juga dianggap telah merujuk pada budaya Korea. Namun hal itu sudah dibantah pihak Disney+ bukan merupakan bagian dari drama yang dimaksud melainkan adegan "Oh My Lord" episode 6 di platform streaming iQiyi.

Secara khusus, "Delicacies Destiny" ditayangkan di platform OTT global Disney+ sejak April. Namun rupanya drama ini tidak dirilis di Korea, meningkatkan kecurigaan bahwa kontennya akan memicu opini negatif dari publik.

(wk/inta)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru