Jepang Jadi Negara dengan Paspor Terkuat di Dunia Kalahkah Singapura dan Korea Selatan
pixabay.com/Ilustrasi/jackmac34
Dunia

Merajai posisi puncak, paspor Jepang memberikan kemudahan masuk ke 193 negara. Jumlah itu hanya selisih satu angka jika dibandingkan dengan Singapura dan Korea Selatan.

WowKeren - Jepang telah menjadi negara yang memiliki paspor terkuat di dunia. Jepang mengalahkan Singapura dan Korea Selatan yang sama-sama duduk di peringkat dua.

Ini terjadi ketika dunia terus memulihkan diri dari COVID-19, membalikkan peringkat pra-pandemi yang didominasi oleh negara-negara Eropa. Merajai posisi puncak, paspor Jepang memberikan kemudahan masuk ke 193 negara. Jumlah itu hanya selisih satu angka jika dibandingkan dengan Singapura dan Korea Selatan yang memudahkan masuk ke 192 negara.

Laporan itu berdasarkan Henley Passport Index terbaru dari Henley & Partners, sebuah konsultan imigrasi. Sementara itu, Rusia berada di peringkat ke-50, memberikan akses mudah ke 119 negara. Tiongkok menempati peringkat ke-69 dengan akses ke 80 negara, paspor India peringkat ke-87 dan paspor Afghanistan adalah yang paling tidak berguna, membuat pemegangnya hanya bisa masuk ke 27 negara.


Ketua Henley & Partners Christian Kaelin mengatakan dalam sebuah pernyataan jika pemulihan akan memakan waktu. "Pemulihan dan reklamasi kebebasan perjalanan kami, dan naluri bawaan kami untuk bergerak dan bermigrasi, akan memakan waktu," ujarnya.

Baru-baru ini pada tahun 2017, negara-negara Asia hampir tidak masuk dalam 10 paspor yang paling diterima di dunia, menurut indeks tersebut. Namun kini, dominasi Eropa secara bertahap mereda dan Jerman kini tertinggal dari Korea Selatan. Sementara itu, Inggris berada di urutan keenam dengan akses ke 187 negara, sedangkan AS berada di urutan ketujuh dengan skor 186, menurut peringkat terbaru.

Indeks, yang menggunakan data 17 tahun, membantu individu kaya dan pemerintah menilai nilai kewarganegaraan di seluruh dunia berdasarkan paspor mana yang menawarkan akses bebas visa atau visa saat kedatangan yang paling produktif. Namun untuk saat ini, karena perjalanan global belum sepenuhnya pulih dari pembatasan COVID, indeks hanya menawarkan gambaran singkat tentang dokumen terbaik untuk disimpan saat dunia keluar dari pandemi.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait