Leeseo IVE Hingga Hyein NewJeans, Ahli Ungkap Sederet Dampak Negatif Idol Yang Debut di Usia Muda
Instagram
Selebriti

Debut di usia muda memang memberikan manfaat tersendiri seperti bisa melakukan masa promosi lebih lama untuk menghasilkan uang dan ketenaran. Namun hal ini juga memiliki sederet dampak negatif.

WowKeren - Fenomena idol debut di usia yang masih sangat muda memang hal yang sudah biasa. Contohnya dalam dua tahun terakhir, ada beberapa idol yang debut di usia 14 tahun seperti Leeseo IVE, Niki ENHYPEN, Jongseob P1Harmony, Boeun CLASS:y hingga Hyein NewJeans.

Debut di usia muda memang memberikan manfaat tersendiri seperti bisa melakukan masa promosi lebih lama untuk menghasilkan uang dan ketenaran. Hingga mereka bisa beralih jalur karier di usia yang juga masih muda ke depannya nanti.

Namun, debut di usia muda rupanya memiliki dampak negatif yang besar. Kritikus budaya pop bernama Ha Jae Kun mengatakan bahwa menjadi idol di usia muda berarti kehilangan semua kesempatan bersosialisasi yang didapat anak-anak ketika bersekolah.

"Memulai debutnya di usia yang begitu muda biasanya berarti mereka kehilangan pengalaman seperti itu. Dalam kasus terburuk, jika mereka gagal untuk sukses sebagai selebriti, mereka memiliki pilihan karier yang terbatas karena kemungkinan besar kehilangan sebagian besar pendidikan mereka karena aktivitas idol," ungkap Ha Jae Kun.


Profesor psikologi Lim Myung Ho dari Universitas Dankook ikut beropini bahwa sistem trainee untuk idol K-Pop di usia muda memisahkan anak-anak ini dari dunia nyata sehingga mereka akhirnya kehilangan pertumbuhan dan kedewasaan psikologis.

"Bahkan jika mereka menjadi bintang, ada kemungkinan besar bahwa mereka akan merasa sulit untuk menangani emosi atau menjadi tangguh ketika menghadapi stres. Mereka mungkin juga sangat terpengaruh oleh komentar kebencian, saat tidak mampu mengatasi bisa berakhir merusak diri sendiri, yang telah kita lihat dilakukan oleh banyak selebritas. Kurangnya sosialisasi adalah masalah yang lebih besar daripada bolos sekolah," ungkap Lim Myung Ho.

Profesor musik pop dan studi media di Universitas George Mason Korea bernama Lee Gyu Tag secara khusus mengungkap dampak untuk idol wanita yang debut di usia muda. Terkadang mereka dipaksa mengenakan pakaian terbuka yang tidak pantas untuk anak di bawah umur.

Menurut Lee Gyu Tag, imej girl grup Korea telah bergeser dari gadis yang sopan dan polos menjadi wanita yang kuat dan dewasa. Tetapi idol muda tidak memiliki pengalaman yang dapat membantu mereka berhubungan dengan imej-imej itu dan memproyeksikannya secara sehat.

"Stereotip ini akan semakin diperkuat jika lebih banyak remaja muda yang terus debut sebagai idola K-pop dan menyanyikan lirik yang bahkan tidak mereka pahami karena terlalu muda. Tentu saja, artis tidak selalu harus menyanyikan pengalaman mereka. Tetapi ketika penyanyi terlalu muda, sulit untuk menerima musik sebagai milik mereka sepenuhnya," ujar Lee Gyu Tag.

(wk/amal)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait