Arab Saudi Mau Bangun Kota Futuristik dengan Iklim Ideal di Tengah Gurun
pixabay.com/Ilustrasi/GLady
Dunia

NEOM menyebut The Line sebagai sebuah revolusi peradaban yang mengutamakan manusia, memberikan pengalaman hidup perkotaan yang belum pernah ada sebelumnya.

WowKeren - Arab Saudi telah membeberkan rencana proyeknya untuk membangun kota bertembok yang futuristik yang diberi nama The Line. Proyek ini dimaksudkan untuk memberikan iklim yang ideal sepanjang tahun di komunitas berlapis vertikal yang sepenuhnya menggunakan energi terbarukan.

Proyek ini akan menelan biaya miliaran dolar dan akan menjadi kota yang tinggi dan sempit sepanjang 105 mil. Kota futiristik ini juga akan memiliki interior terbuka yang dikelilingi oleh fasad cermin, menurut sebuah pernyataan dari proyek pengembangan pemerintah Saudi NEOM.

Dalam sebuah pernyataan, NEOM menyebut The Line sebagai sebuah revolusi peradaban "yang mengutamakan manusia, memberikan pengalaman hidup perkotaan yang belum pernah ada sebelumnya sambil melestarikan alam sekitarnya." Di kota ini nantinya tidak akan ada jalan atau mobil dan membutuhkan biaya ratusan miliar dolar untuk membangunnya.


Putra Mahkota Saudi Pangeran Mohammed bin Salman dalam sebuah pernyataan pada hari Senin (25/7) mengatakan, "Pada peluncuran The Line tahun lalu, kami berkomitmen pada revolusi peradaban yang mengutamakan manusia berdasarkan perubahan radikal dalam perencanaan kota."

"Desain yang diungkapkan hari ini untuk komunitas kota yang berlapis vertikal akan menantang kota datar tradisional dan horizontal dan menciptakan model untuk pelestarian alam dan meningkatkan kemampuan huni manusia," lanjut putra mahkota. "The Line akan mengatasi tantangan yang dihadapi umat manusia dalam kehidupan perkotaan saat ini dan akan menyinari cara-cara alternatif untuk hidup."

The Line akan memiliki lebar sekitar 656 kaki, panjang 106 mil dan 1.640 kaki di atas permukaan laut. Meski tidak akan dibangun jalan raya, namun kota ini nantinya akan memiliki jalur kereta api berkecepatan tinggi. The Line akan mengusung tim arsitek dan insinyur terkemuka tingkat dunia untuk mengembangkan konsep revolusioner kota masa depan

"Iklimnya yang ideal sepanjang tahun akan memastikan bahwa penduduk dapat menikmati alam sekitar saat bepergian dengan berjalan kaki," kata pernyataan NEOM Saudi. "Penghuni akan memiliki akses ke semua fasilitas di The Line dalam lima menit berjalan kaki."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru