Setelah Lawatan Ke Tiga Negara Asia Timur, Presiden Jokowi Kini Telah Kembali ke Tanah Air
BPMI Setpres/Lukas
Nasional

Setelah melakukan kunjungan kerja ke tiga negara Asia Timur, kini Presiden Jokowi beserta rombongan telah tiba di Indonesia. Adapun tiga negara Asia Timur itu adalah Tiongkok, Jepang, dan Korea Selatan.

WowKeren - Presiden Indonesia Joko Widodo sebelumnya telah melakukan perjalanan ke tiga negara Asia Timur yakni Tiongkok, Jepang, dan Korea Selatan. Adapun kunjungan kerja ini dimulai Jokowi pada 25 Juli 2022 lalu yang bertolak ke Beijing, Tiongkok.

Kini, pada Jumat (29/7) dini hari, Jokowi beserta rombongannya diketahui telah tiba di Indonesia. Jokowi beserta rombongannya tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, sekitar pukul 02.00 WIB.

Sebelum akhirnya tiba di Indonesia, Jokowi beserta rombongan menempuh penerbangan selama lebih kurang tujuh jam dari Seoul Airbase Seongnam, Korea Selatan.

Berdasarkan keterangan di Seoul, Korsel pada Kamis (28/7), Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi menyampaikan bahwa pada kunjungan kali ini, Indonesia telah berhasil memperkuat kerja sama ekonomi dengan ketiga negara di kawasan Asia Timur tersebut.

Selain itu, kata Retno, Indonesia juga mendapat kepercayaan baik pemerintah maupun swasta dari ketiga negara Asia Timur tersebut terhadap pertumbuhan ekonomi Tanah Air sangat kuat. Menurutnya, hal ini dikarenakan pendekatan kerja sama yang dibangun Indonesia selalu berdasarkan pada kerja sama yang terbuka, inklusif, dan saling menguntungkan.


"Kepercayaan pemerintah dan swasta dari tiga negara tersebut terhadap stabilitas politik, pertumbuhan ekonomi di Indonesia sangatlah kuat," ujar Retno dalam keterangannya, dilihat Jumat (29/7).

Lebih lanjut, Retno menerangkan bahwa Jokowi juga mendapat apresiasi dari pemimpin ketiga negara tersebut atas kontribusinya bagi perdamaian dan permasalahan global. Dalam hal ini adalah meski di tengah kondisi dan situasi dunia yang penuh akan rivalitas, namun Indonesia masih tetap memperkuat kerja sama dengan negara-negara di dunia.

"Di tengah situasi dunia yang dipenuhi rivalitas dan upaya containment, Indonesia justru memperkuat rajutan persahabatan dan kerja sama konkret dengan negara-negara dunia," beber Retno. "Upaya ini akan terus dilakukan."

Sebagai informasi, dalam penerbangan kembali ke Indonesia, Jokowi dan Ibu Iriana Jokowi tampak didampingi oleh Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marives) Luhut Binsar Pandjaitan dan Menlu Retno.

Selanjutnya tampak juga Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, dan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait