Minta Menpora Ajukan, Presiden Jokowi Ingin IKN Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036
presidenri.go.id
Nasional

Menpora mengungkap keinginan Presiden Joko Widodo untuk mengajukan Indonesia sebagai tuan rumah ajang olahraga kelas dunia, Olimpiade 2036. IKN secara khusus dipilih sebagai tempat penyelenggaraannya.

WowKeren - Menteri Pemuda dan Olahraga (Mepora), Zainudin Amali dan Ketua Umum PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia), Mochamad Iriawan, bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta pada Rabu (3/8). Dalam pertemuan itu, Presiden Jokowi rupanya juga turut mengungkap keinginannya agar Indonesia, terutama IKN (Ibu Kota Negara) baru bisa menjadi tuan rumah untuk ajang Olimpiade 2036 di masa depan.

Hal itu disampaikan Menpora Zainudin Amali usai pertemuannya dengan Presiden Jokowi. Zainudin Amali mengungkap bahwa Presiden Jokowi memintanya untuk mengajukan proposal penawaran agar Indonesia, khususnya IKN Nusantara bisa menjadi tuan rumah Olimpiade di tahun 2036 mendatang.

"Beliau (presiden) beberapa waktu yang lalu sudah memberikan arahan kepada saya untuk kita bidding (ajukan penawaran) menjadi tuan rumah Olimpiade 2036, tetapi proposal itu sudah mencantumkan pelaksanaannya ada di IKN," ungkap Zainudin dalam keterangannya usai pertemuan, melansir Kompas.com.

Karenanya, pemerintah pun saat ini tengah mempersiapkan pembangunan berbagai macam fasilitas olaharaga di IKN. Zainudin Amali mengungkapkan bahwa sejumlah fasilitas olahraga yang akan dibangun adalah fasilitas utama hingga pendukung secara lengkap.


"Hal ini juga berkaitan dengan rencana pengajuan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2036 kelak," terang Zainudin.

Tak hanya itu, Presiden Jokowi juga disebut membicarakan soal pertimbangan membangun training center untuk sepak bola di IKN. Hal itu jadi pertimbangan setelah Jokowi melihat perkembangan ke arah positif pada kancah sepak bola nasional.

"Bapak Presiden setelah melihat perkembangan sepak bola nasional makin baik, maka beliau memberikan arahan kepada saya dan Ketua Umum PSSI segera akan membangunkan training camp sepak bola kita, di situ semuanya sudah lengkap, dan akan dilakukan di Ibu Kota Nusantara, ibu kota negara yang baru," beber Zainudin.

Ketua Umum PSSI pun turut menyambut baik rencana pembangunan training center sepak bole di IKN tersebut. Pasalnya, hal itu menjadi kabar yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia, khususnya para pecinta bola.

"Ini yang ditunggu-tunggu oleh publik. Sekali lagi, terima kasih Pak Presiden atas atensi kepada sepak bola dan insyaallah sepak bola Indonesia akan terus baik dan maju," pungkas Mochamad Iriawan.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait