Ganjar Pranowo Ungkap Hasil Pemeriksaan Suspek Cacar Monyet di Jawa Tengah
jatengprov.go.id
Nasional
Wabah Cacar Monyet

Muncul kasus suspek cacar monyet di Jawa Tengah sejak beberapa waktu lalu. Gubernur Jawa Tengahj, Ganjar Pranowo pun akhirnya mengungkap hasil pemeriksaan kasus suspek cacar monyet tersebut.

WowKeren - Salah satu kasus suspek cacar monyet di Indonesia muncul di Jawa Tengah. Ganjar Pranowo selaku Gubernur Jawa Tengah mengungkap kasus suspek cacar monyet tersebut telah dalam pengawasan ketat oleh pihak terkait. Kini, hasil pemeriksaan dari kasus suspek cacar monyet di Jawa Tengah itu pun juga telah keluar.

Ganjar Pranowo pun menyampaikan hasil pemeriksaan dari kasus suspek cacar monyet tersebut. Hasilnya, pasien kasus suspek tersebut negatif cacar monyet usai menjalani tes PCR.

"Kemarin terindikasi satu, tadi hasil PCR-nya negatif," kata Ganjar di sela melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Boyolali, Kamis (4/8).

Hal itu berarti Jawa Tengah dan Indonesia hingga kini masih belum terdeteksi kasus positif cacar monyet. Meski begitu Ganjar Pranowo mengimbau agar semua warga masyarakat tetap terus waspada dengan ancaman cacar monyet.

Ganjar Pranowo meminta masyarakat untuk tetap menjaga pola hidup sehat dan aman untuk mengantisipasi paparan berbagai penyakit menular, terutama cacar monyet. Selain itu, warga juga diminta untuk segera melapor dan menjalani pemeriksaan jika menemukan atau merasakan gejala mirip cacar monyet.


"Semua sekarang kalau ada gejala segera periksa. Itu yang paling penting," tegas Ganjar Pranowo.

Selain itu, Ganjar juga meminta pemerintah untuk melakukan tindakan pencegahan masuknya virus cacar monyet ke Indonesia dengan ketat. Terutama soal akses di pintu-pintu kedatangan dari luar negeri yang sangat berpotensi membawa virus cacar monyet ke Indonesia.

"Kami meminta karena ini pasti ada pengaruh dari luar, maka pintu masuk Indonesia masih butuh pengetatan-pengetatan dan checking menggunakan banyak peralatan agar bisa aman," ungkap Ganjar Pranowo.

Sebelumnya, Ganjar Pranowo diketahui mengkonfirmasi kasus suspek cacar monyet di Jawa Tengah pada Rabu (3/8) lalu. Saat itu, Ganjar menyampaikan bahwa pasien kasus suspek cacar monyet tersebut telah berada dalam pantauan ketat Dinas Kesehatan Provinsi Jateng dan masih belum bisa memberikan informasi pasti.

“Kita masih pantau terus sampai hari ini. Kemarin ada yang bercirikan seperti itu, tapi masih didalami. Kita belum berani menentukan apakah itu monkeypox atau bukan, tapi kita lagi pantau," pungkas Ganjar, Rabu (3/8).

(wk/amel)


You can share this post!

Related Posts