Misi Eksplorasi Bulan Pertama Korea Selatan, SpaceX Luncurkan Roket Falcon 9 yang Bawa 'Danuri'
Dunia

Korea Selatan meluncurkan pengorbit 'Danuri' yang dibawa oleh Roket Falcon 9 SpaceX pada Kamis (4/8). Peluncuran tersebut menjadi langkah pertama bagi Korea Selatan untuk menjelajahi bulan.

WowKeren - Korea Selatan bergabung dengan penyerbuan ke bulan pada Kamis (4/8) dengan peluncuran pengorbit bulan yang akan mengintai tempat pendaratan di masa depan. Satelit yang diluncurkan oleh SpaceX itu mengambil jalan memutar yang panjang untuk menghemat bahan bakar dan akan tiba pada bulan Desember.

Roket Falcon 9 SpaceX diluncurkan pada 19:09 EDT mengangkut 'Danuri', yang merupakan misi bulan pertama Korea Selatan Space Launch Complex 40 di Cape Canaveral Space Force Station. Pengorbit, dinamai dengan kombinasi kata-kata Korea untuk "menikmati bulan" akan memakan waktu sekitar empat bulan untuk tiba di orbit sekitar bulan, di mana ia akan mencari air dan meneliti magnet bulan.

Misi Korea Selatan senilai $ 180 juta itu merupakan langkah pertama negara tersebut dalam eksplorasi bulan. Menampilkan satelit bertenaga surya berbentuk kotak yang dirancang untuk meluncur hanya 100 kilometer di atas permukaan bulan. Para ilmuwan berharap untuk mengumpulkan data geologis dan lainnya setidaknya selama satu tahun dari orbit kutub rendah ini.


Danuri membawa enam instrumen sains, termasuk kamera untuk NASA. Ini dirancang untuk mengintip ke dalam bayangan permanen, kawah penuh es di kutub bulan. NASA lebih memilih kutub selatan bulan untuk pos astronot masa depan karena bukti air beku.

"Danuri hanyalah permulaan,” ujar Sang-Ryool Lee, presiden Institut Penelitian Aerospace Korea, dalam webcast peluncuran SpaceX.

Ini adalah tembakan kedua Korea Selatan di luar angkasa dalam enam minggu. Pada bulan Juni lalu, Korea Selatan berhasil meluncurkan paket satelit ke orbit di sekitar Bumi untuk pertama kalinya menggunakan roketnya sendiri. Percobaan pertama musim gugur yang lalu gagal, dengan satelit uji gagal mencapai orbit.

Sementara pada bulan Mei, Korea Selatan bergabung dengan koalisi yang dipimpin NASA untuk menjelajahi bulan dengan astronot di tahun-tahun dan dekade mendatang. NASA menargetkan akhir bulan Agustus ini untuk peluncuran pertama dalam program Artemis-nya. Tujuannya adalah untuk mengirim kapsul kru kosong di sekitar bulan dan kembali untuk menguji sistem sebelum kru naik dalam dua tahun.

(wk/amel)

You can share this post!

Related Posts