TransJakarta Tingkatkan Keamanan Demi Cegah Pelecehan Seksual, Bakal Pasang CCTV Pendeteksi Wajah
pexels.com/Erik Mclean
Nasional

Melihat kejahatan seksual pada transportasi umum masih kerap terjadi hingga sekarang, PT Transportasi Jakarta pun meningkatkan keamanan demi mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi.

WowKeren - Kejahatan seksual di transportasi umum hingga sekarang masih kerap terjadi. Demi menjaga keamanan penumpang dari hal-hal yang tidak diinginkan, PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) pun berupaya untuk mencegah terjadinya pelecehan seksual.

Dalam menjaga keamanan penumpang dari perilaku tidak terpuji seperti pelecehan seksual, TransJakarta pun akan meningkatkan kemampuan CCTV dengan fitur face recognition atau pendeteksi wajah. Hal ini disampaikan oleh Direktur Operasional dan Keselamatan TransJakarta Yoga Adiwinarto.

"CCTV yang sekarang ini sebenarnya kalau dari sisi jumlah, sudah mumpuni," ujar Yoga kepada wartawan di Halte Harmoni, Jakarta Pusat, Jumat (5/8). "Namun kami sedang meng-upgradebeberapa CCTV kami, terutama yang di halte untuk bisa ada face recognition-nya, tapi memang mungkin bertahap."

Lebih lanjut, Yoga menerangkan bahwa teknologi CCTV yang ada saat ini sudah semakin canggih, termasuk dalam hal mendeteksi wajah orang meski yang bersangkutan memakai masker. "Jadi sekarang itu, teknologi sudah sangat canggih, orang pakai masker, yang penting facial features-nya, itu nanti bisa kelihatan," beber Yoga.


Yoga kemudian mengklaim bahwa CCTV yang sudah terpasang di bus dan halte TransJakarta itu tidak ada blind spot, sehingga seluruh area terpantau di kamera pengawas. Menurutnya, peran dari kamera pengawas dalam mengusut kasus, khususnya apabila ada laporan pelecehan seksual, baik di halte maupun dalam bus TransJakarta, sangat memiliki peran penting.

"Jadi ketika ada pelaporan misalnya sering di sosial media, lewat telepon 'Pak, saya dilecehkan, gini gini gini, jam segini', jadi kami juga memastikan bahwa pelaku itu di halte mana, jam berapa, arah mana," beber Yoga. "Kalau bisa, nomor lambung busnya itu juga ada."

Dengan begitu, kata Yoga, bisa langsung tahu melalui CCTV tersebut. "Langsung ditarik gitu kan, so far, itu biasa langsung ketahuan, tapi kan kita ketahuan orangnya, mukanya seperti apa," tutup Yoga.

Di samping itu, sebagai pengguna transportasi umum juga harus selalu waspada dan hati-hati. Pasalnya, kejahatan selalu membayangi, baik pelecehan seksual maupun tindak kriminal lainnya.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait