Dianggap Provokatif, Tiongkok Beri Sanksi ke Nancy Pelosi Buntut Kunjungan ke Taiwan
Dunia

Seorang juru bicara kementerian menyatakan jika tindakan Pelosi sama saja dengan mencampuri urusan dalam negeri Tiongkok dan berpotensi mengancam perdamaian.

WowKeren - Tiongkok telah memutuskan untuk menjatuhkan sanksi kepada Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi dan keluarga dekatnya terkait kunjungannya ke Taiwan baru-baru ini. Kementerian luar negeri Tiongkok pada Jumat (5/8) menilai jika kunjungan Pelosi bersifat kejam dan provokatif.

Seorang juru bicara kementerian menyatakan jika tindakan Pelosi sama saja dengan mencampuri urusan dalam negeri Tiongkok. Yang mana, hal itu berpotensi mengancam perdamaian yang ada di Selat Taiwan.

"Terlepas dari kekhawatiran serius Tiongkok dan penentangan tegas, Pelosi bersikeras untuk mengunjungi Taiwan," kata juru bicara tersebut. "Secara serius mencampuri urusan dalam negeri Tiongkok, merusak kedaulatan dan integritas teritorial Tiongkok, menginjak-injak kebijakan satu Tiongkok, dan mengancam perdamaian dan stabilitas Selat Taiwan."

Sementara itu, Pelosi bersikeras bahwa Washington tidak akan membiarkan Tiongkok mengisolasi Taiwan. "Kami telah mengatakan dari awal bahwa perwakilan kami di sini bukan tentang mengubah status quo di sini di Asia, mengubah status quo di Taiwan," katanya di hari yang sama.


Pelosi bukan yang pertama. Dalam beberapa tahun terakhir, Tiongkok telah mengumumkan sanksi terhadap sejumlah pejabat Amerika Serikat. Tiongkok menilai mereka bertindak melawan apa yang dilihatnya sebagai kepentingan intinya dan berbicara tentang masalah hak asasi manusia di Hong Kong dan wilayah barat laut Xinjiang.

Pada bulan Maret tahun ini misalnya, Beijing mengatakan pihaknya memberlakukan pembatasan visa pada daftar pejabat Amerika Serikat yang dirahasiakan. Mereka diduga mengarang kebohongan tentang masalah hak asasi manusia yang melibatkan Tiongkok.

Di antara mereka yang pernah mendapat sanksi dari Tiongkok adalah mantan menteri luar negeri AS Mike Pompeo, serta Peter Navarro penasihat perdagangan mantan presiden Donald Trump. Mereka tak hanya dilarang memasuki Tiongkok namun juga melakukan bisnis dengan entitas Tiongkok.

Terkait kunjungan Pelosi, pemerintah Tiongkok telah bereaksi dengan latihan militer di sekitar wilayah itu. Selama latihan militer pada Kamis dan Jumat, Tiongkok menembakkan rudal balistik dan mengerahkan jet tempur dan kapal perang di sekitar Taiwan.

(wk/zodi)


You can share this post!

Related Posts