Kanada Larang Impor Pistol Sampai UU Pengendalian Senjata Disahkan
Unsplash/steve woods
Dunia

Dibanding Amerika Serikat, Kanada memiliki undang-undang senjata yang lebih ketat. Warga Kanada tetap diizinkan untuk memiliki senjata api asalkan mereka memiliki lisensi.

WowKeren - Kanada pada Jumat (5/8) mengumumkan bahwa negara itu akan melarang impor senjata api terbatas mulai 19 Agustus. Pemerintah mengatakan larangan impor akan tetap berlaku sampai pembekuan nasional terhadap senjata api mulai berlaku.

Langkah ini dirancang untuk secara tidak langsung mencapai tujuan dari undang-undang pengendalian senjata yang diusulkan pada bulan Mei. Sebelumnya pada Mei lalu, Pemerintahan Liberal Perdana Menteri Justin Trudeau telah memperkenalkan RUU C-21.

Paket pengendalian senjata itu mencakup beberapa langkah termasuk di antaranya pembekuan nasional atas penjualan dan pembelian senjata api, namun hingga kini belum dilaksanakan. Sedangkan Parlemen Kanada saat ini sedang libur musim panas hingga September.

Setelah pembekuan senjata diumumkan, warga Kanada segera bergegas membeli senjata. Pemerintah ingin mencegah penjual senjata mengisi kembali persediaan mereka dengan larangan impor ini, sebagaimana disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Melanie Joly kepada wartawan pada sebuah pengarahan.


Kementerian luar negeri memiliki wewenang untuk menolak izin perdagangan. "Larangan impor yang diumumkan hari ini akan membantu menjauhkan senjata dari jalan-jalan kami saat kami berupaya menerapkan RUU C-21, mengurangi kekerasan senjata dalam waktu dekat," kata Joly.

Dibanding Amerika Serikat, Kanada memiliki undang-undang senjata yang lebih ketat. Meski begitu, warga Kanada tetap diizinkan untuk memiliki senjata api asalkan mereka memiliki lisensi. Senjata api yang dibatasi atau dilarang seperti pistol, juga harus didaftarkan.

"Mengingat bahwa hampir semua pistol kami diimpor, ini berarti kami akan memberlakukan pembekuan pistol nasional kami lebih cepat," kata Menteri Keamanan Publik Kanada Marco Mendicino, yang berbicara bersama Joly.

Menurut data Statistics Canada, tingkat pembunuhan yang menggunakan senjata di Kanada masih lebih tinggi daripada tingkat banyak negara kaya lainnya dan telah meningkat, meski tingkat pembunuhan senjata Kanada adalah sebagian kecil dari tingkat di Amerika Serikat. Menurut data resmi, pistol adalah senjata utama yang digunakan dalam sebagian besar kejahatan kekerasan terkait senjata api antara 2009 dan 2020.

(wk/zodi)


You can share this post!

Related Posts