Taiwan Tuding Tiongkok Lakukan Simulasi Invasi Dalam Latihan Militer Terbaru Mereka
Unsplash/Carlos Lindner
Dunia

Hubungan Tiongkok dan Taiwan makin memanas setelah kunjungan Nancy Pelosi selaku Ketua DPR AS ke Taipei. Taiwan pun menuduh Tiongkok saat ini tengah melakukan simulasi serangan invasi ke wilayah mereka.

WowKeren - Beberapa kapal perang dan pesawat Tiongkok melintasi garis tengah Selat Taiwan setelah kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taipei yang membuat marah Beijing. Kini Taiwan menuduh tentara Tiongkok mensimulasikan serangan invasi di pulau utama mereka pada Sabtu (6/8), ketika Beijing menggandakan pembalasannya atas kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taipei tersebut.

Diketahui bahwa hubungan antara kedua negara adidaya itu semakin memanas setelah perjalanan Pelosi ke negara tetangga Tiongkok yang mereka diklaim sebagai wilayahnya. Hal itu juga mendorong seruan dari PBB untuk segera meredakan ketegangan.

Pada hari Jumat (5/8) terlihat bahwa lingkungan menjadi korban terbaru dari pertempuran geopolitik itu. Pasalnya, Beijing mengatakan akan menarik diri dari serangkaian pembicaraan dan perjanjian kerja sama dengan Washington, terutama tentang perubahan iklim dan kerja sama pertahanan.

Dua negara 'pencemar' terbesar di dunia itu sebelumnya telah berjanji untuk bekerja sama dalam mempercepat aksi iklim pada dekade ini. Mereka berjanji untuk bertemu secara teratur untuk mengatasi krisis. Namun kesepakatan itu sekarang terlihat goyah.


Beijing pada hari Sabtu (6/8) melanjutkan beberapa latihan militer terbesarnya di sekitar latihan Taiwan. Bertujuan untuk mempraktikkan blokade dan invasi akhir ke pulau itu, kata para analis.

Taipei mengatakan pihaknya mengamati beberapa unit pesawat dan kapal Tiongkok yang beroperasi di Selat Taiwan. Mereka meyakini bahwa Tiongkok mensimulasikan serangan terhadap pulau utama demokrasi yang diperintah sendiri itu.

Pasukannya mendeteksi "beberapa kelompok pesawat dan kapal Komunis yang melakukan kegiatan di sekitar Selat Taiwan, beberapa di antaranya melintasi garis median", pungkas kementerian pertahanannya dalam sebuah pernyataan, melansir Malaymail.com.

Dalam upaya untuk menunjukkan seberapa dekat pasukan Tiongkok telah mencapai pantai Taiwan, militer Beijing semalam merilis video pilot angkatan udara yang merekam garis pantai pulau dan pegunungan dari kokpitnya. Sementara Komando Timur tentara Tiongkok membagikan foto yang katanya diambil dari patroli kapal perang di laut dekat Taiwan. Garis pantai pulau itu terlihat jelas di latar belakangan foto tersebut.

(wk/amel)


You can share this post!

Related Posts