Hujan Deras Landa Seoul dan Sekitarnya Tewaskan 7 Orang
Yonhap
Dunia

Markas Besar Penanggulangan Bencana dan Keselamatan Pusat melaporkan ada lima orang yang tewas di Seoul dan dua orang lainnya dari provinsi tetangga Gyeonggi.

WowKeren - Hujan deras melanda Seoul, Korea Selatan pada Senin (8/8) malam. Pihak berwenang pada Selasa (9/8) mengatakan jika banjir di ibu kota Korea Selatan Seoul dan daerah metropolitan telah menyebabkan tujuh orang tewas.

Hujan lebat yang terjadi menyebabkan listrik padam dan membuat jalan dan kereta bawah tanah terendam. Media lokal yang mengutip Administrasi Meteorologi Korea (KMA) melaporkan Senin malam, jika bagian selatan Seoul menerima lebih dari 100 mm (3,9 inci) hujan per jam dan beberapa bagian kota telah menerima 141,5 mm hujan, yang mana itu merupakan curah hujan terburuk dalam 80 tahun.

Sedangkan pada Selasa pagi, akumulasi curah hujan di Seoul mencapai 420 mm, dengan perkiraan hujan lebih banyak. Di distrik Gangnam yang mewah dan sangat terkonsentrasi, beberapa bangunan mengalami listrik padam dan telah terendam air. Orang-orang terdampar setelah banjir juga merendam mobil, bus, hingga stasiun kereta bawah tanah. Sejumlah toko juga ikut terdampak banjir.


Markas Besar Penanggulangan Bencana dan Keselamatan Pusat melaporkan ada lima orang yang tewas di Seoul dan dua orang lainnya dari provinsi tetangga Gyeonggi pada Selasa pagi. Empat orang dilaporkan tewas setelah terperangkap di gedung-gedung yang terendam banjir, dan satu orang lainnya meninggal karena tersengat aliran listrik.

Sedangkan dua korban lainnya, satu orang ditemukan tak bernyawa di bawah reruntuhan halte bus, dan lainnya meninggal akibat tanah longsor. Sejauh ini ada sembilan orang di daerah itu yang mengalami luka-luka, sementara enam lainnya masih hilang. Markas besar telah menaikkan peringatan krisis ke tingkat tertinggi dan meminta organisasi publik maupun swasta untuk menyesuaikan jam kerja mereka.

Administrasi Meteorologi Korea telah mengeluarkan peringatan hujan lebat di seluruh ibu kota dan wilayah metropolitan serta sebagian Provinsi Chungcheong dan Gangwon. Peringatan semacam itu dirilis ketika curah hujan diprediksi melebihi 60 mm dalam rentang waktu tiga jam atau 110 mm dalam 12 jam. Sedangkan menurut perkiraan KMA, hujan lebat di Korea Selatan bagian tengah akan berlanjut setidaknya hingga Rabu (10/8).

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts