Pendaftaran 3 Parpol KIB ke KPU Diwarnai Kericuhan, Airlangga-Zulhas Sempat Terhimpit Massa
Nasional
Pemilu 2024

Ketua Umum ketiga parpol Koalisi Indonesia Bersatu, yakni Airlangga Hartarto, Zulkifli Hasan, dan Suharso Monoarfa, berjalan kaki dari Graha Mandiri Jalan Imam Bonjol ke Kantor KPU yang berjarak 500 meter.

WowKeren - Tiga parpol yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), yakni Partai Golkar, PAN, dan PPP, mendaftarkan diri sebagai peserta Pemilu 2024 ke KPU bersama-sama pada Rabu (10/8) hari ini. Ketua Umum ketiga parpol, yakni Airlangga Hartarto, Zulkifli Hasan, dan Suharso Monoarfa tiba di Kantor KPU bersama simpatisan masing-masing sekitar pukul 10.00 WIB.

Airlangga, Zulhas, dan Suharso dilaporkan berjalan kaki dari Graha Mandiri Jalan Imam Bonjol ke Kantor KPU Jalan Imam Bonjol. Kedua lokasi itu hanya berjarak sekitar 500 meter. Kedatangan KIB diwarnai oleh iringan marching band, Reog Ponorogo, dan marawis.

Aksi saling dorong antara rombongan massa KIB dengan petugas keamanan KPU sempat terjadi di pintu gerbang. Ketiga Ketum parpol bahkan sempat kesulitan masuk ke dalam gerbang KPU.

Adapun aksi saling dorong terus berlanjut setelah ketiga Ketum parpol berhasil masuk, karena massa pendukung juga berusaha masuk ke dalam gerbang KPU. Meski begitu, petugas keamanan KPU mengimbau bahwa yang bisa masuk ke dalam kantor KPU hanya mereka yang memiliki ID card khusus saja.

"Mohon kerjasamanya, hanya pemilik ID card yang boleh masuk," teriak beberapa petugas keamanan.


Ketua DPW DKI Jakarta PAN Eko Patrio turut membantu menenangkan massa yang ricuh. "Tenang, semua tenang jangan dorong-dorong," tutur Eko di lokasi.

Aksi dorong-dorongan akhirnya mereda dan massa mau menunggu di luar gerbang KPU. Kondisi di depoan kantor KPU pun berangsur kondusif.

Adapun Komisioner KPU Idham Holik meminta Ketum parpol untuk ikut menjaga ketertiban massa yang mengawal proses pendaftaran. Pihak KPU disebutnya telah menyiapkan pengamanan untuk mengantisipasi penumpukan massa.

"Kami akan ketatkan itu dan kami juga akan antisipatif terjadi konsentrasi massa di depan kantor KPU," terangnya.

Di sisi lain, Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto menjelaskan bahwa pendaftaran bersama tiga parpol KIB ini bukan hanya membuktikan kesolidan mereka, namun juga mengungkap harapan publik terkait semangat persatuan. Menurut Airlangga, mereka memiliki semangat yang sama untuk menyambut pesta demokrasi di tahun 2024 mendatang.

"Ini adalah Pemilu yang ke-13 yang dilaksanakan di Indonesia. Kami juga mendorong untuk pemilu yang dilaksanakan secara Jurdil, demokratis dan tidak menggunakan isu-isu primodial yang akhirnya hanya memecah belah bangsa," terangnya. "Kita memiliki kepentingan untuk menjaga stabilitas politik. Karena dengan stabilitas politik maka pembangunan dapat terus dilakukan. Oleh karenanya Pemilu harus dilaksanakan sesuai jadwalnya yaitu di bulan Februari 2024."

(wk/Bert)

You can share this post!

Artikel Terkait